AdaKitaNews Kesehatan Belasan Ribu Balita di Kota Madiun Siap Ikuti PIN Polio

Belasan Ribu Balita di Kota Madiun Siap Ikuti PIN Polio

dr wardhaniADAKITANEWS, Madiun – Peserta Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahun 2016 akan diselenggarakan secara Nasional pada 8-15 Maret tahun ini. Terkait ini, Pemerintah Kota Madiun telah melakukan pendataan, dimana sekitar 12.700 bayi di bawah tiga tahun (balita) akan mendapatkan imunisasi dari dinas kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Madiun dr Agung Sulistya Wardani, Rabu (02/03) mengatakan, imunisasi tersebut diberikan kepada anak usia usia 0 bulan hingga 59 bulan. Pihaknya menargetkan, 95 persen balita di Kota Madiun bisa mendapatkan imunisasi. “Kami inginnya bisa mencapai 100% dari daftar yang ada,” ujarnya

Hingga saat ini, pihak Dinkes terus melakukan sosialisasi hingga ke tingkat rukun tetangga (RT) dengan melibatkan semua kader posyandu maupun dari unsur PKK guna mencapai target tersebut. “Kami terus mengingatkan kepada para ibu agar membawa anaknya ke posyandu ataupun puskesmas untuk mendapatkan imunisasi yang penting bagi kesehatan,” jelas dr Agung Sulistya Wardani

Selain rajin melakukan sosialisasi, pihaknya juga akan melakukan “jemput bola” dengan melakukan pelayanan PIN Polio di sejumlah tempat fasilitas umum, seperti pasar swalayan, pasar hingga tempat umum lainnya. “Nantinya, tim Dinkes akan membuka posko pelayanan PIN Polio di sejumlah tempat fasilitas umum ditentukan,” jelas dr Agung Sulistya Wardani.

Faslitas dimaksud yaitu Pasar Besar Madiun dan sejumlah pasar swalayan besar. dr Agung Sulistya Wardani menambahkan, tujuan dari pendirian posko PIN Polio di tempat fasilitas umum tersebut guna melayani pemberian imunisasi bagi ibu tidak sempat membawa anaknya ke posyandu ataupun puskesmas. “Pemberian imunisasi polio ini sangat penting bagi kesehatan anak. Karena untuk mencegah si anak terjangkit penyakit polio,” pungkasnya.(*/UK)

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Madiun dr Agung Sulistya Wardani