Belum Ada Yang Mendaftar Sebagai Pemantau Pemilu

556

ADAKITANEWS, Tulungagung – Pendaftaran pemantau pemilu yang dibuka sejak 12 Oktober 2017 di Kabupaten Tulungagung hingga kini belum ada peminat.

Komisioner KPU Kabupaten Tulungagung, Suyitno Arman mengatakan, meski hingga saat ini pemantau pemilu belum diminati pendaftar, hal tersebut dinilai tidak terlalu mengkhawatirkan, karena waktu pendaftarannya masih panjang.

Dia mengatakan, tentang pendaftaran pemantau Pemilu ini sudah diatur dalam PKPU Nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan program dan jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan Bupati dan wakil Bupati. “Lembaga yang ingin memantau pemilu dipersilakan mendaftar di Kantor KPU Kabupaten Tulungagung,” kata Komisioner KPU Tulungagung, Suyitno Arman, Jumat (20/10).

Jelas Arman, lembaga pemantau pemilu harus memenuhi persyaratan diantaranya berbadan hukum, bersifat independen, mempunyai sumber dana yang jelas, dan terdaftar, dan memperoleh akreditasi dari KPU. Jika memantau di Tulungagung, maka harus mendapat akreditasi dan terdaftar di KPU Kabupaten Tulungagung.

Selain itu ia juga menyampaikan rencana jadwal kegiatan Pemantauan Pemilihan dan daerah yang ingin dipantau, termasuk nama, alamat dan pekerjaan pengurus lembaga Pemantauan Pemilihan dan surat pernyataan mengenai sumber dana yang ditandatangani oleh ketua lembaga Pemantau Pemilihan. Pemantau juga membuat surat pernyataan mengenai independensi lembaga pemantauan yang ditandatangani oleh ketua lembaga Pemantauan Pemilihan.

Pemantau dan tata cara pemantauan ini, kata Arman, diatur dalam PKPU Nomor 8 tahun 2017 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

“Lembaga pemantau harus mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan kelengkapan administrasi antara lain profil organisasi lembaga pemantau, nama dan jumlah anggota pemantau, alokasi anggota pemantau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur masing-masing di daerah provinsi, daerah kabupaten, dan kecamatan, dan alokasi anggota pemantau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, atau Walikota dan Wakil Walikota masing-masing di daerah kabupaten/kota dan kecamatan,” jelas Arman, yang juga sebagai Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat.

Arman menginformasikan, pendaftaran untuk pemantau nantinya akan ditutup pada 11 Juni 2018 mendatang. “Memang waktu pendaftarannya masih panjang tetapi lebih baik dari awal sudah mendaftar karena banyak yang harus dipersiapkan,” pesan Arman.(ta1)

Keterangan gambar : Kegiatan Sosialisasi tahapan Pilkada 2018.(kpu-tulungagungkab.go.id)