width=

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Eksekusi pemutusan jaringan listrik yang akan dilakukan oleh PLN kepada PDAM Delta Tirta Sidoarjo hingga kini belum bisa dipastikan. Padahal, batasan akhir pembayaran tunggakan listrik oleh PDAM harusnya dijadwalkan pada Selasa (31/05).

Direktur Pelayanan PDAM Delta Tirta Sidoarjo, Bimo Aridiyanto saat dikonfirmasi terkait batas akhir pembayaran perusahaannya mengatakan, PDAM diwajibkan melunasi seluruh tunggakannya sebesar total Rp 1,4 miliar maksimal pada Selasa (31/05). Bimo mengatakan, bila pada saat itu pihaknya belum melakukan pembayaran, PDAM terancam akan kehilangan pasokan listrik. Akibatnya, pompa-pompa penyalur air ke pelanggan juga akan mati. “Batas akhirnya besok, Selasa (31/05),” ujarnya melalui pesan singkat, Senin (30/05).

Sementara, hingga berita ini dimuat, belum ada kejelasan apakah PLN benar-benar akan melakukan pemutusan sambungan listrik kepada PDAM atau tidak. Petugas keamanan PLN Sidoarjo, Taufik Hidayat saat ditemui Tim Adakitanews.com mengatakan seluruh jajaran pimpinan masih mengikuti rapat di Surabaya. “Semuanya masih rapat di Surabaya. Humasnya juga,” ujarnya Senin (30/05).

Seperti diketahui, usai dijebloskannya Direktur Utama PDAM Delta Tirta Sidoarjo, Sugeng Mujiadi oleh Kejaksaan Negeri Sidoarjo atas kasus korupsi pengadaan pipanisasi senilai Rp 8,9 miliar, sistem administrasi di dalam tubuh PDAM seakan mati. Pasalnya, beberapa kebijakan khususnya yang menyangkut pengeluaran anggaran membutuhkan tandatangan Dirut. Namun Dirut PDAM justru enggan melakukan tandatangan lantaran tidak diperbolehkan oleh pengacaranya.

Pemkab Sidoarjo sendiri juga diketahui belum memberikan keputusan apapun terkait masalah tersebut. Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin mengaku pihaknya masih akan melakukan pembahasan untuk segera menyelesaikan persoalan tersebut. “Kita akan bahas dan mencari solusinya. Tunggu saja,” ujarnya, Sabtu (29/05).

Keterangan gambar: Hearing antara PDAM Delta Tirta Sidoarjo dengan anggota Komisi B DPRD Kabupaten Sidoarjo, Jumat (27/05).(foto: kurniawan)