ADAKITANEWS, Jombang – Sejumlah berkas pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilihan umum tahun 2019 yang telah dilakukan oleh sejumlah partai politik di Jombang, seluruhnya dikembalikan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang. Pasalnya, berkas yang diserahkan oleh sejumlah parpol belum sesuai dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Ketua KPU Kabupaten Jombang, Muhaimin Shofi mengatakan bahwa sampai hari ini sudah ada sejumlah partai yang mendatangi KPU untuk melakukan pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilihan umum tahun 2019. “Mulai dari awal pendaftaran hingga hari sudah ada lima parpol yang mendaftar untuk verifikasi. Yakni Perindo, PSI dan PDI Perjuangan serta Partai Berkarya dan hari ini ada dari Partai Nasdem,” ungkap Muhaimin Shofi saat diwawancarai Tim Adakitanews.com, Jumat (13/10).

Dari sejumlah partai tersebut, lanjut Muhaimin Shofi belum ada yang memenuhi dari Sipol yang ada, sehingga semua berkas dikembalikan oleh pihak KPU untuk diperbaiki kembali sesuai dengan Sipol. “Terpaksa kami kembalikan semua berkas yang belum sesuai dengan sipol untuk diperbaiki. Sampai hari ini semua berkas yang diserahkan ke KPU, kami kembalikan dari kelima parpol yang sudah menyerahkan berkasnya,” tutur Ketua KPU Jombang.

Sedangkan untuk semua parpol yang belum mendaftarkan diri ataupun memperbaiki berkas, diberikan tenggang waktu hingga tanggal 16 Oktober 2017. “Kami memberikan waktu hingga tanggal 16 Oktober besok, jika penyerahannya mepet sampai pukul 23.00 WIB, kami yang susah,” tegas Muhaimin Shofi.

Terpisah, Ketua DPC Partai Nasdem Kabupaten Jombang, Hj Mu’linah Shohib mengatakan bahwa pihaknya akan segera memperbaiki berkas yang telah dikembalikan oleh KPU. Ia menuturkan memang ada kekurangan data yang ada dalam berkas pada saat pendaftaran verifikasi parpol. “Ada selisih 25 dari berkas yang kita serahkan, hal tersebut disebabkan karena sering adanya perubahan data di DPD dan DPP partai. Secepatnya kami akan perbaiki dan diserahkan kembali ke KPU Jombang, kami minta doanya,”pungkas Ketua Nasdem Kabupaten Jombang.(ar)

Keterangan gambar: Ketua KPU Kabupaten Jombang, Muhaimin Shofi. (bawah) Ketua Partai Nasdem Kabupaten Jombang, Hj Mu’linah Shohib saat menyerahkan berkas di KPU.(foto:adi rosul)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/131017-ar-jombang-parpol-2-1024x685.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/131017-ar-jombang-parpol-2-150x150.jpgREDAKSIPolitikadakitanews,Berita,jombang,kpu,Partai
ADAKITANEWS, Jombang - Sejumlah berkas pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilihan umum tahun 2019 yang telah dilakukan oleh sejumlah partai politik di Jombang, seluruhnya dikembalikan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang. Pasalnya, berkas yang diserahkan oleh sejumlah parpol belum sesuai dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Ketua KPU...