ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pembangunan Patung Pecut di Kota Blitar, menghabiskan anggaran lebih dari Rp 8 miliar. Meski pembangunan yang dilakukan sejak tahun 2016 lalu itu telah selesai pada pertengahan 2017 lalu, namun tahun ini dipastikan Pemkot Blitar bakal mengubah bentuknya karena kurang sesuai dengan gambaran yang diinginkan Walikota Blitar.

Wakil Walikota Blitar, Santoso mengatakan, pihaknya memastikan kebijakan pemerintah untuk mengganti desain patung pecut yang ada di selatan alun-alun Kota Blitar akan direalisasikan tahun 2018 ini. Meski dipastikan akan segera digarap, namun secara pasti ia belum bisa menunjukan kapan proses pengerjaan akan mulai dilakukan.

“Kalau perubahan bentuknya bisa saya pastikan akan dikerjakan tahun 2018 ini. Tapi untuk waktu tepatnya saya belum bisa memastikannya,” kata Santoso, Jumat (26/01).

Orang nomor dua di Kota Blitar ini menjelaskan, alasan pemerintah untuk mengganti desain patung dengan tinggi sekitar lima meter yang terletak di tengah pancuran taman, karena kurang sesuai dengan gambaran yang diinginkan oleh Walikota Blitar, Muhammad Samanhudi Anwar. Namun demikian ditegaskannya, pihaknya tidak akan memindahkan Patung Pecut dari tempatnya saat ini.

“Kita tidak memindahkan tempatnya, dan hanya perubahan desain saja yang nantinya akan lebih bagus serta menambah keindahan Taman Pecut yang baru dilaunching tahun lalu,” jelasnya.

Santoso menambahkan, selain proses pengerjaan juga masih belum jelas, ia juga belum tahu pasti besaran anggaran yang dibutuhkan pemerintah guna mengubah bentuk pecut. “Selain waktu yang belum bisa kita pastikan, anggarannya juga belum kita susun,” imbuhnya.(fat)

Keterangan gambar: Taman pecut yang berada di selatan alun-alun Kota Blitar.(foto : fathan)