ADAKITANEWS, Kota Kediri – Sebanyak 750 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, TNI-Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga masyarakat umum ikut meramaikan kegiatan Napak Tilas Panglima Besar Jenderal Sudirman, Sabtu (24/12).

Para peserta, akan menyusuri rute gerilya PB Sudirman dari titik awal Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Kediri, menuju finish di Kabupaten Nganjuk sejauh 27 kilometer.

Sekretaris Daerah Kota Kediri, Budwi Sunu HS mengatakan, kegiatan tahunan tersebut digelar untuk meningkatkan rasa nasionalisme dalam diri peserta. “Seperti yang diungkapkan Bung Karno, Jas Merah, yang artinya Jangan Melupakan Sejarah, mengingat jasa pahlawan,” tandasnya.

Napak Tilas PB Sudirman ke-36 tersebut juga dalam rangka peringatan Hari Pahlawan. Harapannya, agar para peserta bisa terus mengingat jasa para pahlawan yang telah gugur mempertahankan kemerdekaan.

“Pemerintah Kota Kediri juga telah membangun monumen sebagai bentuk apresiasi terhadap pejuang kemerdekaan. Di tembok Kediri Memorial Park, nanti juga akan ditulis nama-nama pahlawan yang gugur dan dimakamkan di TMP,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kediri, Reza Darmawan mengatakan kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri dan KNPI. Selain dalam rangka Hari Pahlawan, kegiatan tersebut juga untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober lalu.(adv/hms/kur)

Keterangan gambar: Sekretaris Daerah Kota Kediri, Budwi Sunu HS saat memberangkatkan peserta Napak Tilas PB Sudirman.(dok. Humas Pemkot Kediri)