ADAKITANEWS, Tulungagung – Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) di Tulungagung saling dorong dengan sesama siswa lainnya, bahkan beberapa diantaranya terjatuh karena berebut ingin naik kendaraan taktis (rantis) milik Brimob Polda Jatim, Kamis (09/11).

Kedatangan dua kendaraan taktis Barracuda dan Armoured Personal Carrier (APC) milik Brimob Polda Jatim di Tulungagung ini mengiringi peleton napak tilas perjuangan Brimob. Karena belum pernah melihat dari dekat dua rantis ini, ratusan siswa SD yang tak jauh dari tempat singgahnya anggota Brimob di depan kantor DPRD Tulungagung, berebut mendekati kedua rantis tersebut. Mereka ingin melihat secara langsung seperti apa kendaraan berlapis baja itu.

Sejumlah siswa mengaku senang mendapat kesempatan keliling alun-alun naik kendaraan taktis milik Brimob Polda Jatim karena belum pernah naik kendaraan tersebut. Mereka terpaksa harus berebut dengan temannya, bahkan banyak dari mereka berkeinganan untuk naik lagi.

“Baru kali ini naik mobil polisi. Tadi sempat rebutan dengan teman-teman sampai jatuh,” kata Belva Estu, pelajar SDN Kampungdalem 1 Tulungagung.

Sementara Kasat Brimob Polda Jatim, Kombes Pol Totok Lisdiarto menyampaikan kegiatan napak tilas perjuangan dalam HUT Brimob ke-72 ini dilakuan Satbrimob Polda Jatim untuk mengingat jerih payah perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Napak tilas sengaja dilakukan dengan jalan kaki, ini dimaksudkan untuk lebih mengenalkan sekaligus menguatkan persatuan dan kesatuan antara Polisi, TNI dan seluruh lapisan masyarakat, dilakukan secara estafet dengan menempuh perjalanan sekitar 350 kilometer,” kata Kombes Pol Totok Lisdiarto.

Lanjut Kombes Pol Totok Lisdiarto, rombongan berangkat dari Museum Polisi Istimewa Surabaya tanggal 5 November 2017, kemudian menempuh perjalanan sekitar 350 kilometer melalui Mojokerto, Jombang, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo dan ditargetkan akan sampai di tujuan akhir Mako Brimob Madiun pada tanggal 12 November mendatang.(ta1)

Keterangan gambar : Ratusan siswa berebut naik kendaraan taktis milik Brimob Polda Jatim.(foto : acta cahyono)