ADAKITANEWS, Sidoarjo – Kejaksaan Negeri Sidoarjo akhirnya melimpahkan berkas kasus dugaan pemalsuan ijazah oleh Wakil Ketua DPRD Sidoarjo, M Rifa’i ke Pengadilan Negeri Sidoarjo, Kamis (28/07) siang. Artinya, tinggal menunggu waktu bagi anggota dewan tersebut untuk menjalani sidang perdananya.

Pelimpahan berkas dilakukan oleh Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Sidoarjo, I Wayan Sumertayasa. Berkas perkara yang hari itu diserahkan antara lain surat perkara serta berkas dakwaan. “Dengan diserahkannya berkas ini, tersangka kini telah menjadi tanggung jawab PN Sidoarjo,” kata Wayan yang juga merupakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus tersebut.

Usai diserahkannya berkas tersebut, JPU kini hanya tinggal menunggu informasi jadwal sidang perdana dari PN Sidoarjo. “Kita tinggal menunggu waktu dan JPU akan menyesuaikan,” imbuh Wayan.

Sementara itu, Humas Pengadilan Negeri Sidoarjo, Zaeni membenarkan bahwa pihaknya telah menerima berkas pelimpahan perkara dugaan pemalsuan ijazah dengan tersangka Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, M Rifa’i. Zaeni mengaku, paling lama 2 hari sejak diterimanya berkas, pihaknya sudah akan menentukan Majelis Hakim yang nantinya memimpin sidang. “Paling lama dua hari, Hakimnya sudah ditentukan,” ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, pada Senin (25/07) lalu kejaksaan telah menjadikan M Rifa’i sebagai tahanan kota. Wakil Ketua DPRD yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sidoarjo ini tidak ditahan lantaran mendapatkan jaminan partai pengusungnya serta dari Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, H Sulamul Hadi Nurmawan dengan pertimbangan bahwa selama belum menjadi terdakwa, M Rifa’i tetap memiliki hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai anggota dewan.(kur)

Keterangan gambar: M Rifa’i, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo.(dok. DPRD Kabupaten Sidoarjo)