ADAKITANEWS, Tulungagung – Setelah melakukan penghitungan selama lebih dari 12 jam, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung memastikan berkas dukungan yang diserahkan pasangan Suparlan dan Suprayitno telah memenuhi jumlah yang dipersyaratkan.

Suparlan dan Suprayitno merupakan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, yang akan maju dalam Pilkada Tulungagung 2018 melalui jalur perorangan. “Kami telah selesai melakukan penghitungan berkas dukungan yang diserahkan oleh pasangan Suparlan – Suprayitno yang akan maju dalam Pilkada Tulungagung lewat jalur perorangan,” kata Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, Kamis (30/11).

Lanjut Suprihno, Kamis (30/11) siang KPU Kabupaten Tulungagung telah menyelesaikan penghitungan berkas dukungan. Berkas tersebut diajukan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Suparlan-Suprayitno pada Rabu (29/11) malam. Penyampaian berkas ini merupakan salah satu syarat bagi calon perorangan yang hendak menjadi peserta dalam Pilkada yang akan digelar pada bulan Juni tahun 2018 mendatang.

“Butuh waktu sekitar 12 jam untuk proses penghitungannya, ini disebabkan dalam penyusunan yang dilakukan oleh bakal calon kurang tersistematis dan tidak rapi, sehingga butuh waktu lebih lama,” ujarnya.

“Tercatat ada sebanyak 64.356 dukungan. Jumlah tersebut telah melebihi syarat minimal yang ditetapkan yakni sebanyak 63.752 dukungan, dan tersebar minimal di 50 persen kecamatan yang ada di Tulungagung,” jelas Suprihno.

Untuk tahapan selanjutnya KPU Tulungagung akan segera melakukan verifikasi lanjutan, termasuk melakukan verifikasi faktual dengan melakukan crosscheck dengan mendatangi para pendukung pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati jalur perorangan tersebut. Ini untuk memastikan tidak ada berkas dukungan fiktif ataupun ganda.

Sementara itu bakal calon Bupati Suparlan menyatakan rasa syukur bahwa tahapan ini bisa dilewatkan. “Kami bersyukur akhirnya berkas yang kami ajukan diterima oleh KPU Tulungagung. Ini berkat kerja keras tim kami yang tak mengenal lelah,” kata Suparlan.

Dirinya berharap untuk tahapan selanjutnya diberikan kelancaran, hingga proses verifikasi faktual tidak menemukan kendala yang berarti.

Selanjutnya KPU Tulungagung akan turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi faktual sampai dengan tanggal 25 desember 2017. Jika seluruh berkas dukungan yang dinyatakan lolos memenuhi jumlah yang disyaratkan, maka pasangan bakal calon perseorangan ini akan ditetapkan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan berlaga di Pilkada 2018. Namun bila setelah dilakukan verifikasi jumlahnya kurang, maka masih diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan dengan membawa dukungan sebanyak dua kali lipat dari jumlah kekurangan.(ta1)

Keterangan gambar : Pasangan Suparlan – Suprayitno saat berkas dukungannya memenuhi syarat minimal oleh KPU Tulungagung.(foto : acta cahyono)