ADAKITANEWS, Kota Kediri – Berkas perbaikan persyaratan seluruh calon peserta pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri telah rampung dan diserahkan ke KPU Kota Kediri, Sabtu (20/01).

Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Teknis, Pusporini Endah Palupi mengatakan, berkas perbaikan ketiga bakal pasangan calon peserta pilkada Kota Kediri telah diserahkan sebelum batas waktu, yakni Sabtu (20/01) pukul 16.00 WIB.

“Untuk pasangan Abdullah Abu Bakar – Lilik Muhibbah, diserahkan pada Jumat (19/01) pukul 10.45 WIB. Untuk pasangan Aizzudin Abdurrahman – Sudjono Teguh Wijaya, diserahkan hari ini, pukul 09.45 WIB, dan pasangan terakhir yakni Samsul Ashar dan Teguh Juniadi diserahkan ke KPU hari ini juga pukul 10.45 WIB,” katanya, Sabtu (20/01).

Pusporini Endah Palupi juga menjelaskan, nantinya berkas perbaikan tersebut bakal diteliti sampai dengan tanggal 27 Januari 2018, sebelum akhirnya ditetapkan sebagai pasangan calon peserta pemilihan Walikota dan Walikota Kediri tahun 2018, pada tanggal 12 Februari 2018.

Dari seluruh berkas persyaratan yang perlu diperbaiki, lanjut Pusporini, seluruh calon telah selesai melampirkan dan siap untuk diteliti. “Nanti kita teliti lagi, sebelum akhirnya ditetapkan menjadi pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kediri,” tambahnya.

Sebelumnya diketahui, dari 3 bakal pasangan calon, seluruhnya memiliki berkas yang perlu untuk diperbaiki. Diantaranya mulai dari surat izin cuti bagi pasangan petahana, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dikeluarkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hingga legalisir ijazah serta KTP Elektronik.(kur)

Keterangan gambar: Pusporini Endah Palupi saat memberikan penjelasan berkas kekurangan bakal pasangan calon, Kamis (18/01) kemarin.(foto: kurniawan)