dscf4406ADAKITANEWS, Kota Kediri – Bersih Desa merupakan kegiatan masyarakat yang sudah ada sejak zaman leluhur bangsa Indonesia. Tidak ketinggalan, Kelurahan Kampung Dalem Kota Kediri ikut melestarikannya, Minggu (23/10) di Alun-Alun setempat.

Bulan muharram (Suro dalam bahasa Jawa) dipercayai sebagai bulan baik untuk membersihkan diri. Atas kepercayaan ini, Kelurahan Kampung Dalem mengadakan bersih desa dengan tema “Ing Sambikolo Rahayuning Kampung Dalem”. Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 Wib ini dihadiri langsung oleh Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar.

dscf4418Walikota Kediri termuda ini menyaksikan langsung arak-arakan sejumlah gunungan makanan yang nanti akan diperebutkan oleh warga. Pantauan Tim Adakitanews.com ribuan warga Kampung Dalem tumpah ruah di Alun-Alun Kota Kediri. Mereka menunggu gunungan makanan yang dianggap siapa yang mendapatkannya akan mendapat rejeki yang banyak.

Mas Abu sapaan akrab Walikota Kediri dalam sambutannya mengatakan, bangga dengan antusias warga dalam melesterikan budaya bangsa tersebut. Menurutnya, budaya merupakan identitas bangsa yang harus dijaga oleh seluruh masyarakat.

dscf4376“Budaya adalah identitas bangsa, mari kita bersama-sama menjaga budaya leluhur kita ini. Saya harap, acara seperti ini bisa dilakukan setiap tahun, agar tata titi tentrem warga Kota Kediri khususnya bisa tercipta,” kata Mas Abu.

Dengan antusiasme warga Kampung Dalem, Mas Abu yakin, Kelurahan itu bisa menjadi yang terbaik di Kota Kediri. Dilainsisi, Mas Abu berharap, semua elemen masyarakat bersedia bahu membahu membangun Kota Kediri.

“Bapak bapak ibu ibu harus bisa membantu Pak Lurah dan Pak Camat, membantu memberikan ide-ide positif untuk Kampung Dalem khususnya, dan Kota Kediri pada umumnya,” ujar Walikota Kediri termuda ini.

dscf4421Demi menjaga budaya bangsa, seluruh warga bahkan Kepala Kelurahan Kampung Dalem menggunakan pakaian khas Jawa Timur. Walikota Kediri secara simbolik juga diberi belangkon untuk menyesuaikan tema yang diangkat warga Kelurahan Kampung Dalem Kota Kota Kediri.

Tasyakuran bersih Desa ini ditutup dengan penampilan seni Reyog yang digawangi Mbah Imam. Seni Reyog ini menjadi yang terbaik dalam pementasa se Nusantara di Ponorogo Jawa Timur.(Adv/Hms/Zay)

 

Keterangan Gambar : Bersih Desa Kampung Dalem.(Foto : Zayyin)