Berwisata Sambil Mengenal Sejarah Proklamator

709

ADAKITANEWSistana gebangistana gebang 11, Blitar – Berwisata tidak saja untuk menghibur diri, namun juga dilakukan sambil belajar sejarah. Seperti salah satu obyek wisata yang tepat adalah Istana Gebang di Kota Blitar, Jawa Timur.

Istana ini merupakan tempat tinggal sang Proklamator bangsa, Soekarno saat masih remaja. Selain menawarkan suasana bangunan zaman dulu, pengunjung akan diberikan pengetahuan tentang kehidupan sosok Soekarno.

Bertempat di jalan Sultan Agung kota Balitar, rumah peninggalan keluarga Soekarno yang biasa disebut Istana Gebang ini masih terlihat kokoh dan megah, kendati bangunan ini sudah ada sejak sebelum Indonesia merdeka.

Istana gebang yang berdiri dilahan seluas hampir 2,5 hektar persegi ini, sejak dibuka sebagai salah satu cagar budaya, senantiasa ramai dikunjungi para wisatan dari lokal maupun luar negeri. Para pengunjungpun beragam, mulai dari anak sekolah, hingga masyarakat umum.

Hanya dengan mengisi buku tamu, para pengunjung sudah dapat menikmati suasana dan dapat berjalan mengelilingi istana gebang. Para pengunjung dapat melihat secara langsung tempat tidur yang biasa di guanakan Presiden Soekarno beristirahat.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat historis kehidupan Soekarno melalui foto-foto yang terpajang di dalam istana gebang. Mulai dari foto waktu masih kecil hingga foto-foto istri presiden Soekarno.

Di Istana Gebang ini juga terdapat mobil mercy yang biasa digunakan Presiden Soekarno, dapat dilihat oleh pengunjung. Selain itu, beberapa peninggalan keluarga Soekarno yang masih terpajang di tempatnya seperti tongkat Soekarno, meja dan kursi dan beberapa peninggalannya.

Barang-barang keluarga Soekarno inipun membuat pengunjung dibawa ke zaman lampau disaat soekarno masih remaja. Tak heran, para pengunjungpun mengaku senang setelah berwisata di istana gebang.

Seperti yang diungkapkan Sri Astuti, salah satu pelajar sekolah menengah kejuruan dari Tulung Agung ini mengaku gembira dapat mengunjungi istana gebang. Dirinya juga mengaku mendapatkan ilmu pengetahuan tentang sejarah Soekarno.

“Disini tempatnya menyenangkan, kita jadi mengerti tentang sejarah kehidupan presiden Soekarno,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapakn Yuni Ariza Ilma. Menurutnya, dengan mengunjungi Istana Gebang dirinya mendapatkan banyak pengetahuan tentang kehidupan mantan Presiden RI yang pertama tersebut. Selain itu juga dirinya merasa terhibur dengan mengunjungi Istana Gebang.

“Banyak sekali peninggalan bersejarah yang ada di tempat ini. Banyak yang kita pelajari dengan benda-benda bersejarah tersebut,” ujar Yuni.

Disamping dikunjungi warga Indonesia sendiri, Istana Gebang juga banyak dikunjungi wisatawan dari mancanegara. Pada hari biasa pengunjug Istana Gebang hanya mencapai tiga ratusan orang, namun pada hari libur mencapai ribuan orang.

“Selain wisatawan domestik atau lokal, wisatawan mancanegara juga banyak berkunjung, terutama pada event tertentu,” jelas Puji Ambarwati, salah seorang pegawai obyek wisata istana gebang.

Istana Gebang yang menjadi tempat tujuan wisata di Kota Blitar setelah Makam Bung Karno. Diharapkan, masyarakat akan mengerti dan paham akan sejarah kehidupan sang proklamator. Tak heran, jika istana gebang ini menjadi salah satu tujuan berlibur sambil belajar sejarah. (Awan K/Jati)

Keterangan Gambar : Istana Gebang salah satu tujuan wisata sejarah Bung Karno di Blitar