Besaran BPIH Jatim Belum Keluar

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Kementerian Agama RI bersama Komisi VIII DPR RI telah menyepakati rata-rata Biaya Penyenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini sebesar Rp 34.890.312. Sementara untuk wilayah Embarkasi Surabaya, besaran tersebut masih belum diputuskan.

Kementerian Agama Kota Blitar, melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Muslih menjelaskan, belum adanya keputusan terkait besaran BPIH dari Kemenag Provinsi Jawa Timur membuat pihaknya hanya bisa menunggu.

“Kalau rata-rata nasional kan sudah, tapi kalau Embarkasi Surabaya belum. Otomatis kita cuma bisa menunggu saja,” kata Muslih kepada Tim Adakitanews.com di kantornya, Jalan Ir Soekarno Kota Blitar, Kamis (30/03).

Muslih menyebutkan, jika dibanding rata-rata nasional yang berpatokan pada pemberangkatan di Bandara Soekarno – Hatta, besaran BPIH untuk Embarkasi Surabaya akan relatif lebih tinggi. “Kira-kira sekitar Rp 38 juta sampai Rp 39 juta,” tuturnya.

Lanjut Muslih, jika sudah ditetapkan lewat Keppres, para Calon Jamaah Haji asal Kota Blitar tinggal membayar sisanya. Bagi yang sudah membayar Rp 25 juta, nantinya tinggal menambah sisanya untuk pelunasan.

Sementara untuk pelunasan BPIH tahap pertama, akan mulai dibuka pada awal April mendatang. “Pelunasan tahap pertamanya, sesuai informasi akan dibuka pada minggu depan atau awal April,” imbuhnya.

Sampai saat ini total CJH yang akan berangkat dari Kota Blitar berjumlah 149 orang. Jumlah ini masih akan bertambah setelah penetapan kuota Lansia.(blt1)

Keterangan Gambar : Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Blitar, Muslih.(foto:glorian)

Recommended For You