width=

jembatan-4ADAKITANEWS, Jombang – Akibat tergerus derasnya air, Jembatan sungai Konto di Desa Pucangsimo, Jombang, Jawa Timur, ambrol. Jembatan tersebut merupakan akses warga penghubung dua Kecamatan yakni Kecamatan Bandar Kedungmulyo dan Kecamatan Perak, sehingga cukup mengganggu aktivitas warga sehari-hari.

Salah satu warga, Masudin menuturkan, derasnya arus sungai membuat tiang penyangga jembatan tak mampu menahan debit air yang tinggi. Bahkan, salah satu sisi beton penyangga jembatan roboh dan membuat bangunan jembatan miring.

Warga setempat yang khawatir dengan kondisi itu terpaksa menutup jembatan untuk kendaraan roda empat maupun kendaraan besar lainya. Untuk menuju sawah, sekolah, pasar maupun tempat kerja, bahkan luar Kota seperti Kabupaten Kediri dan Ngajuk saat ini mereka terpaksa harus berputar dua kali lipat jauhnya.

“Ini sebetulnya menghubungkan tingkat Kecamatan, tapi mengarah ke beberapa Kota seperti ke Kediri dan Kertosono, Nganjuk. Ini akses warga mulai dari Pertanian, lalu lalang warga pedagang, terus anak-anak sekolah semuanya lewat sini. Dengan adanya seperti ini membahayakan secara otomatis kegiatan anak Sekolah itu juga harus memutar, kalau lewat sana (barat) bisa sampai dua sampai empat kilometer, kalau kesana (timur) malah lebih jauh lagi,” Kata Masudin, Selasa (25/10/16).

Sejumlah warga lain menuturkan, rusaknya jembatan sungai Konto itu sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu. Namun, hingga kini belum ada perbaikan dari Pemerintah. Kondisi jembatan bahkan semakin parah sebab dalam beberapa minggu terakhir wilayah setempat terus menerus diguyur hujan deras sehingga membuat aliran air semakin deras.

Pantauan tim Adakitanews.com, saat ini warga setempat masih melakukan kerja bakti memasang penyangga darurat untuk meminimalisir robohnya jembatan.(Tari/Jati)

 

Keterangan Gambar : Sejumlah warga Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang, tengah kerja bakti memasang penyangga darurat du jembatan sungai Konto setempat.  nampak salah satu sisi beton penyangga jembatan roboh.(Foto : Tari)