ADAKITANEWS, Blitar – Antusiasme warga terlihat sangat tinggi dalam menyambut kegiatan Bhakti Sosial Layanan Rail Clinic oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI), Kamis (27/07).

Manajer Humas Daop 7 Madiun, Supriyanto mengatakan, saat ini PT KAI sedang mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis menggunakan rail clinic di Stasiun Talun. Pemeriksaan itu sebagai bentuk tanggung jawab sosial PT KAI terhadap warga yang tinggal di lingkungan sekitar jalur stasiun.

“Pemeriksaan gratisnya tidak hanya mata, tapi juga cek kesehatan lainnya,” kata Supriyanto, Kamis (27/07).

Dikatakannya, dalam pemeriksaan ini tim medis sudah disiapkan di rail clinic meliputi empat dokter umum, dua dokter gigi, satu bidan, dua apoteker, satu perawat gigi, dan 10 paramedis untuk memberikan pelayanan kesehatan.

“Kami menyediakan 300 kupon pemeriksaan untuk warga. Kami juga membagikan kacamata gratis untuk 50 siswa SD di wilayah Kecamatan Talun. Serta memberikan sosialisasi tentang keselamatan dan keamanan warga yang tinggal di dekat rel,” jelasnya.

Ia menjelaskan, Rail Clinic ini merupakan salah satu fasilitas untuk masyarakat, yang dimiliki PT KAI. Fasilitas itu mulai dioperasionalkan tahun 2016 lalu. Dan hingga saat ini PT KAI baru memiliki dua Rail Clinic. Satu untuk areal Jawa yang stand by di Yogyakarta, dan satu lagi untuk wilayah Sumatera.

Di dalam gerbong yang lebarnya tidak sampai 3 meter itu, lanjut Supriyanto, terdapat ruang poli umum, ruang poli gigi, ruang laboratorium sederhana, ruang kebidanan termasuk alat USG, ruang pemeriksaan mata, dan apotek. Selain itu rail clinic juga dilengkapi dapur dan toilet ramah lingkungan.

“Rail clinic memang tidak dioperasionalkan setiap hari. Layanan kesehatan itu difungsikan untuk situasi-situasi darurat. Misalnya, ketika ada bencana alam yang lokasinya sulit dijangkau mobil. Rail clinic bisa dimanfaatkan untuk memberi pelayanan kesehatan di wilayah yang sulit dijangkau mobil,” terangnya.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana pelayanan di dalam rail clinic.(foto : fathan)