width=

img-20161102-wa0006ADAKITANEWS, Kediri Kota — Abdullah Abu Bakar Walikota Kediri membuka seminar bimbingan teknis (Bimtek) dengan tema “pemberdayaan masyarakat dalam tanggap darurat bencana”, Rabu (02/11) di Aula Hotel Bukit Daun Kediri. Bimtek yang dilakukan oleh Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kota Kediri ini menyiapkan masyarakat agar cepat tanggap jika terjadi bencana.

Selain Walikota Kediri, turut hadir Kemal Makruf Kepala BPBD Propinsi Jawa Timur, serta sejumlah peserta bimtek dari kalangan pelajar, tokoh masyarakat, RAPI, PMR, Karang taruna, Hansip dan Jurnalis. Mas Abu sapaan akrab Walikota Kediri dalam sambutannya mengatakan, mengadakan kegiatan tersebut agar masyarakat mengetahui secara teknis saat menghadapi bencana alam.

“Jika masyarakat mengetahui teknis maupun prakteknya dalam menghadapi bencana, maka korban jiwa akan bisa diminimalisir. Saya harap, semua peserta bisa mengikuti kegiatan ini hingga selesai,” ujarnya

Karena, tambah Walikota Kediri, ketika terjadi bencana itu bukan hanya tanggungjawab BPBD ataupun Pemerintah Daerah melainkan tanggungjawab semua masyarakat. “jika bencana terjadi, kita bisa mengantisipasinya sedini mungkin. Sedangkan masyarakat saling membantu untuk memberikan pertolongan,” urai Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar

Lebih lanjut, Mas Abu menyinggung peran penting para awak media dalam menghadapi bencana alam. Karena, awak media menurutnya, bisa memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar melalui pemberitaan-pemberitaan yang disampaikan.

“Jangan lupa, peran media justru sangat penting jika bencana alam itu terjadi. Melalui pemberitaan-pemberitaan kita bisa mengetahui kondisi terkini dan harus bagaimana kita menghadapi bencana alam itu,” jelas Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar.(Adv/Hms/Ich)

Keterangan Gambar : Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar membuka Bimtek Pemberdayaan Masyarakat dalam tanggap bencana alam.(foto : Ist)