ADAKITANEWS, Blitar – Di tengah masalah antrean pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar yang tak kunjung rampung, masyarakat kini bisa sedikit mendapat kabar gembira. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Blitar memastikan jika saat ini kondisi blangko administrasi kependudukan (Adminduk) masih tercukupi.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Eko Budi Winarso mengatakan, di akhir tahun 2017 lalu stok blangko KTP elektronik di Kabupaten Blitar tinggal lima ribu keping. Tetapi pihaknya memastikan di awal tahun 2018 ini sudah ada tambahan keping KTP elektronik dari Ditjendukcapil.

“Kita pastikan stok blangko KTP elektronik aman dan diperkirakan mencukupi sampai dengan tiga bulan kedepan sampai dengan penambahan blangko lagi,” kata Eko Budi, Jumat (09/02).

Selain blangko KTP elektronik, lanjut Eko Budi, kondisi blangko adminduk lainnya saat ini aman termasuk blangko kartu keluarga dan juga akta kelahiran. Eko memastikan, tidak akan terjadi kekurangan blangko adminduk sehingga tidak mengganggu pelayanan terhadap masyarakat.

“Kalau dalam sehari kita dapat melayani sekitar 600 permohonan adminduk dari masyarakat. Namun tidak semua adminduk dapat diterima hari itu dan pencetakan dilakukan secara bertahap,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Antrean pelayanan di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Blitar.(foto : fathan)