ADAKITANEWS, Kota Blitar – Peringatan HUT Kota Blitar ke-111, Pemerintah Kota Blitar kembali menggelar bazar Blitar Jadul (Jaman Dulu) di alun-alun Kota Blitar selama lima hari, mulai Rabu (05/04) hingga Minggu (09/04).
Sama dengan tahun sebelumnya, Bazar Blitar Jadul yang sudah memasuki tahun ketujuh tersebut dikemas seperti bazar pada umumnya. Namun dipoles dengan nuansa jaman dulu, baik stan bazar, pakaian yang digunakan penunggu stan, serta berbagai pernak-pernik yang dijual.

Walikota Blitar, Samanhudi Anwar mengatakan, bazar Blitar Jadul memang selalu menjadi agenda rutin dalam setiap rangkaian peringatan HUT Kota Blitar. Menurutnya, tujuan digelarnya bazar Blitar Jadul selain untuk memperkenalkan dan mempromosikan wisata serta potensi Kota Blitar, juga untuk mengingatkan kembali warga Kota Blitar akan sejarahnya. Semua yang ditampilkan di stan-stan bernuansa tradisional. Seperti makanan dan minuman tradisional dan kerajinan tradisional.

“Tujuannya adalah mengingatkan kembali warga Blitar pada jati dirinya. Atau yang sering kita dengar dengan pepatah, wong jowo ojo lali jowone, wong Blitar ojo lali Blitare. Yang bisa kita artikan jangan sekali-sekali kita meninggalkan sejarah,” kata Samanhudi, Rabu (05/04) sore.

Samanhudi mengungkapkan, jumlah stan yang ada tidak kurang dari 140 stan. Baik dari instansi Pemerintahan, Kelurahan, UMKM, TNI, dan Polri ikut memeriahkan bazar Blitar jadul. Bahkan, ditambah 13 stand dari Kabupaten/Kota yang ada di sekitar Kota Blitar, yang tahun ini juga mengikuti bazar Blitar jadul.

“Bazar Blitar jadul sudah semakin merakyat, karena dari tahun ke tahun pesertanya semakin antusias, bahkan diikuti oleh kabupaten dan Kota lain disekitar Kota Blitar,” pungkasnya.

Menurut Samanhudi, bazar Blitar jadul juga merupakan wujud dari ekonomi kreatif seperti yang selama ini digaungkan Pemerintah Kota Blitar, tanpa harus mengesampingkan kearifan lokal. “Dengan bazar ini selain memberikan hiburan kepada masyarakat dan mengingat sejarah juga sebagai ajang promosi produk-produk unggulan Kota Blitar,” imbuhnya.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana pembukaan Bazar Blitar jadul oleh Walikota Blitar.(foto : fathan)