ADAKITANEWS, Blitar – Pemerintah Kabupaten Blitar menargetkan bebas kebiasaan Buang Air Besar Sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) pada tahun 2019 mendatang.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM, mengatakan, hingga saat ini kebiasaan ODF masih dilakukan sebagian masyarakat Kabupaten Blitar. “Meski saat ini masih ada sebagian warga Kabupaten Blitar yang mempunyai kebiasaan buang air besar sembarangan. Namun kami optimis tahun 2019 nanti kebiasaan itu akan tiada lagi,” kata Bupati, Senin (13/03).

Bupati menuturkan, salah satu tujuan desa ODF adalah untuk mengurangi kemiskinan. Karena salah satu indikator kemiskinan adalah melakukan BAB di sembarang tempat. “Kebiasaan BAB sembarangan ini, adalah salah satu faktor penyebab kemiskinan. Karenanya, Kabupaten Blitar harus bebas BAB sembarangan,” ungkapnya.

Peningkatan dan optimalisasi program jambanisasi, lanjut Rijanto, juga merupakan target Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Percepatan bebas ODF ini juga merupakan program yang ditargetkan Pemerintah Provinsi Jatim untuk semua daerah yang sampai saat ini belum bebas ODF,” jelasnya.

Rijanto berharap agar target ini tercapai. Mulai saat ini untuk warga yang masih BAB sembarangan untuk tidak melakukannya lagi dan menjaga kebersihan khususnya sungai. “Tentunya kami mengimbau masyarakat yang masih terbiasa BAB sembarangan, agar tidak melakukannya lagi. Terutama yang biasa mereka lakukan di sungai, agar kebersihan maupun kesehatan bisa tetap terjaga,” harapnya.(blt2)

Keterangan gambar: Drs. H Rijanto MM, Bupati Blitar.(foto : fathan)