Bobol Uang Nasabah Milyaran Rupiah, Karyawan Bank di Jombang Ditangkap Polisi

938

tskADAKITANEWS, Jombang – Seorang oknum karyawan sebuah Bank swasta di Jombang, Jawa Timur, ditangkap anggota Satuan Reserse Kriminal Kepolisian setempat. Haln itu lantaran pelaku yang diketahui bernama Wahyu Seno Aji, asal Kabupaten Mojokerto, membobol uang milik puluhan nasabah hingga mencapai Rp. 2,4 Milyar.

Penangkapan terhadap Wahyu dilakukan pada minggu lalu, setelah Polisi mendapat laporan dari pihak Bank. Usai dilakukan pemeriksaan intensif terhadap Wahyu disertai dengan sejumlah barang bukti yang cukup kuat, akhirnya Wahyu Seno Aji, ditetapan sebagai tersangka tunggal dalam kasus yang merugikan banyak nasabah itu.

Kepala Kepolisian Jombang, Sudjarwoko, mengatakan, modus yang digunakan Wahyu, yang notabene merupakan salah satu marketing dari Bank setempat yakni dengan menawarkan iming-iming program bunga tinggi terhadap puluhan nasabah. Mereka adalah pemilik tabungan dengan jumlah besar di Bank tempat pelaku bekerja. Caranya dengan membuka rekening baru.

Tanpa sadar para nasabah yang menjadi targetnya membuat surat kuasa pemindah bukuan tabungan berisi belasan hingga ratusan juta dan miliaran rupiah ke rekening salah satu nasabah yang sudah tidak aktif. Oleh pelaku uang tersebut selanjutnya ditransfer secara berantai ke rekening miliknya.

“Pada saat membuka rekening baru itu disodorkan beberapa formulir yang harus ditanda tangani oleh para nasabah, didalam selipan formulir itu ada satu lembar surat kuasa yang tidak sempat dibaca oleh para nasabah. Disitulah kesempatan yang digunakan oleh marketing ini untuk bisa membuat surat kuasa pemindah bukuan tersebut”, kata Sudjarwoko, Rabu (21/10).

Dalam satu bulan pelaku berhasil membobol uang sejumlah nasabah hingga mencapai Rp. 2,4 Milyar. Pelaku ditangkap petugas setelah pihak Bank melakukan audit dan menemukan kejanggalan. Dihadapan penyidik pelaku mengaku nekad melakukan aksinya lantaran kecewa tidak mendapat perhatian dari perusahaan selama bekerja hampir delapan tahun.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan undang-undang perbankan dengan ancaman hukuman diatas enam tahun penjara. Petugas juga masih mendalami dan menunggu laporan sejumlah nasabah lain yang diduga menjadi korban aksi pelaku. Diperkirakan nominal angka kerugian nasabah Bank lebih di atas Rp. 5 milyar.(Tari/Jati)

Keterangan Foto : Wahyu Seno Aji, Tersangka pembobol uang nasabah salah satu Bank swasta di Jombang.