BPBD Usulkan Anggaran Rp 2,6 M Untuk Buat Sumur Baru

ADAKITANEWS, Kediri – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri mengusulkan bantuan untuk membuat sumur baru bagi warga di Kecamatan Puncu, Plosoklaten, dan Kepung, yang terkena dampak bencana sumur ambles.

Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Rendy Agatha mengatakan, saat ini Pemkab Kediri masih terus melakukan rapat untuk pengajuan bantuan sumur baru bagi warganya. Hal itu setelah sebelumnya Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf menjanjikan akan memberi bantuan bagi warga terdampak sumur ambles dengan kalkulasi bantuan tiap warga sekitar Rp 5 juta.

“Saat ini kami masih terus melakukan rapat koordinasi. Entah nantinya akan dibuatkan sumur baru per rumah atau hanya satu per RT. Tinggal dikalkulasi saja kalau jadi per rumah, kemarin diperkirakan Gus Ipul, habis Rp 5 juta. Jadi dikalikan dengan jumlah sumur yang ada,” cakapnya, Kamis (25/05).

Masih kata Rendy, dari 525 sumur yang ambles di wilayah Kecamatan Puncu, Plosoklaten, Kepung, sudah ada beberapa yang ditumbun. Diantaranya 156 sumur di Kecamatan Puncu, 3 di Kecamatan Kepung, dan 46 di Kecamatan Plosoklaten. “Memang amblesnya sumur berkurang, karena hujan sudah tidak terlalu sering seperti beberapa hari lalu,” pungkasnya.(udn)

Keterangan gambar : Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Rendy Agatha.(foto:fasihhuddin kholili)

Recommended For You