ADAKITANEWS, Sidoarjo – Dalam rangka arus mudik lebaran tahun 2017, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuka Posko Mudik di 8 titik padat pemudik. Yaitu di terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makasar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, dr Dwi Hesti Yuniarti saat konferensi pers, Kamis (15/06). “Posko tersebut baru digelar pada 21 – 24 Juni mendatang. Di posko tersebut juga menyediakan pelayanan kesehatan, obat-obatan, relaksasi hingga sosialisasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain pelayanan kesehatan, posko BPJS juga menyediakan pelayanan administrasi peserta mutasi maupun aktivasi serta penghitungan denda pelayanan bagi peserta yang sebelumnya tidak membayar iuran bulanan. “Prosentase dendanya 2,5 persen dari pengobatan atau maksimal Rp 30 juta berupa nilai uang pelayanan,” katanya.

Selain itu ia menyiapkan pelayanan ekstra bagi para pemudik di Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah ini. Layanan itu untuk mempermudah prosedur pelayanan kesehatan bagi peserta Jaringan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di seluruh penjuru nusantara. Oleh karenanya, BPJS mengimbau agar para pemudik tetap membawa kartu JKN maupun KIS.

Menurutnya, pelayanan ekstra yang dimaksud adalah pelayanan prosedur yang lebih sederhana. “Artinya peserta JKN KIS yang mudik dan berobat di luar wilayah tidak harus melapor ke kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat,” jelasnya.

Hesti menambahkan, penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni sampai dengan 2 Juli 2017. Menurutnya, jika sudah sampai tujuan juga tidak perlu melapor ke BPJS Kesehatan karena program ini mengutamakan prinsip probabilitas yang digunakan BPJS Kesehatan. “Dalam kondisi darurat dan non darurat bisa langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Hesti mengatakan, dalam mudik nanti juga disediakan aplikasi Google Play Store di Android yang berisi layanan telepon penting. “Diantaranya alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas Kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, dan Media Sosial BPJS Kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu, selama libur lebaran Tahun 2017 masyarakat tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN KIS, mencari informasi, pengaduan, konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

“Layanan BPJS Kesehatan Care Center hadir 7 x 24 jam serta pelayanan konsultasi kesehatan tetap dilaksanakan Senin-Jumat pukul 07.00 – 20.00 WIB. Pelayanan prosedur yang lebih sederhana itu berlaku selama lebaran saja. Setelah itu normal lagi pelayanannya,” pungkasnya.(sid2)

Keterangan gambar : Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, dr Dwi Hesti Yuniarti saat memberikan penjelasan tentang Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta yang Mudik Lebaran.(foto : mus purmadani)