2015-07-30_14.49.382015-07-30_14.51.20

ADAKITANEWS, Nganjuk –  Sekitar empat hektar kawasan hutan jati di RPH Desa Senggowar Kecamatan Gondang KPH Nganjuk. ludes terbakar.Kamis (30/7). Kebakaran diduga dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan membuka lahan.

Informasi yang dihimpun tim adakitanews.com, kondisi musim kenarau dan angin yang bertiup kencang membuat api begitu cepat menyambar hutan jati tersebut. Taruna siaga bencana yang kebetulan berada di dekat lokasi pun secara manual mencoba memadamkan api dengan cara dikebut dengan ranting pohon.

“Ini tadi cuma kebetulan lewat hutan melihat hutan terbakar, saya langsung ber henti dan mencoba untuk memetikan api, dengan mengunakan alat tradisional, agar kebakaran tidak meluas,” Ujar Aris Trio Efendi Kordinator Tagana

Sementara Itu sumadi mandor hutan RPH Senggoar mengatakan kebakaran hutan ini diakibatkan, musim kemarau yang berkepanjangan dan ada ulah kesengajaan dibakar oknum yang tidak bertanggung jawab. Terutama oknum yang mencari kayu bakar untuk membuka lahan pertanian. Ujar Mandor senggoar.

“Kemungkinan ini ada oknum yang sengaja membakar untuk membuka lahan ataupun mencari kayu rencek (ranting pohon-red),” jelasnya

Pihak perhutani pun mengaku tidak tahu jika hutan di wilayah RPH senggowar terbakar, pihaknya akan berupaya memadamkan kebakaran. Namun, minimnya petugas yang ada di lapangan, sedangkan mandor hanya berada di pos pintu penjagaan, untuk menunggu para tukang kayu yang datang melewati RPH.

“Saya tidak tahu kalau terjadi kebakaran mas, karena yang jaga cuma sedikit, saya tidak bisa masuk hutan. Karena harus menjaga palang pintu, untuk menunggu supir pemuat kayu bakar,” jelasnya.(jati)