ADAKITANEWS, Blitar – Bulan Panutan Pembayaran Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2017 berlangsung di halaman kantor Badan Pendapatan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blitar, Selasa (07/03).

Bupati Blitar Drs H Rijanto MM, mengatakan, bulan panutan pembayaran PBB P2 harus dijadikan acuan agar masyarakat juga memiliki kesadaran untuk membayar PBB P2. “Ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat, agar sadar untuk membayar PBB P2. Karena manfaat PBB P2 juga akan kembali kepada masyarakat, seperti pembangunan jalan maupun yang lain,” kata Bupati.

Agar masyarakat sadar untuk membayar PBB P2, kata Rijanto, semua pihak harus kompak mensosialisasikan manfaat membayar PBB P2 ini. “Saya harapkan semua elemen Pemerintahan baik Daerah maupun Desa, turut serta untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya membayar PBB P2,” jelasnya.

Senada dengan hal itu, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, Endar Soeparno yang saat itu juga hadir pada pembukaaan bulan panutan PBB P2 mengatakan bahwa kinerja Pemerintah khususnya di tingkat Desa, harus lebih keras perihal memahamkan masyarakat untuk membayar PBB P2. “Kita tahu kondisi dan pemikiran masyarakat itu berbeda-beda. Oleh karena itu, Perangkat Desa harus lebih giat lagi memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk membayar PBB P2,” kata Endar.

Sementara itu saat diwawancara Tim Adakitanews.com, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Blitar, Ismuni mengatakan, dari tahun ketahun penerimaan PBB P2 selalu mengalami kenaikan. “Penerimaan PBB P2 mulai dari tahun 2014 sebesar Rp 14 miliar, tahun 2015 naik menjadi Rp 23 miliar, tahun 2016 pun juga naik menjadi 27 miliar. Dan tahun 2017 ini, penerimaan baku sudah mencapai Rp 28 miliar lebih. Artinya tiap tahun mengalami peningkatan,” kata Ismuni.

Ismuni mengaku, potensi pendapatan dari sektor PBB P2 memang masih besar. Tinggal bagaimana cara untuk bisa memaksimalkannya. “Untuk menggali potensi itu, kita akan melakukan inovasi-inovasi. Diantaranya dengan cara pendataan, dan pemutakhiran data,” jelasnya.

Ismuni menambahkan, berdasarkan hasil pantauannya kesadaran masyarakat dari tahun ke tahun sudah meningkat. “Kita amati dari tahun ketahun, memang kesadaran masyarakat sudah meningkat. Terbukti penerimaan PBB P2 juga meningkat,” imbuhnya.(blt2)

Keterangan gambar : Bupati Blitar, Drs H Rijanto, MM, pada acara Pembukaan Bulan Panutan PBB P2 Kabupaten Blitar tahun 2017.(foto : fathan)