ADAKITANEWS, Blitar – Regenerasi pengurus Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) di Kabupaten Blitar terus dilakukan. Salah satunya seperti hari ini, Selasa (19/09), sebanyak 26 anggota Komda Lansia resmi dikukuhkan oleh Bupati Blitar.

Pasca pengukuhan yang digelar di kantor Pemerintah Kabupaten Blitar, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, pengukuhan Komda Lansia periode 2017/2020 ini, secara ex officio jabatan Kepala Komda Lansia dipegang Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo. Menurutnya, pengukuhan ini sebagai penyegaran pengurus lain.

“Tentu dalam berorganisasi kita perlu penyegaran atau regenarasi untuk menjadikan kinerjanya lebih baik lagi,” kata Bupati, Selasa (19/09).

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menuturkan, tujuan dibentuknya Komda Lansia ini adalah dalam rangka membuat wadah aktivitas kegiatan yang mengarah kepada peningkatan kesejahteraan lansia. Ini juga sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah ataupun Pemerintah Pusat terhadap orang-orang yang lanjut usia. “Harapannya, jika program ini berhasil angka harapan hidup bisa lebih meningkat,” ujarnya.

Rijanto menjelaskan, kondisi lansia di Kabupaten Blitar selama ini kegiatannya sangat bagus. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan lansia sudah ada yang membawa prestasi cukup luar biasa. Antara lain pada hari lanjut usia nasional tahun 2016 lalu, yang mengadakan senam lansia untuk kurang lebih 15 ribu lansia.

“Ada kegiatan lansia yang cukup luar biasa, yakni makan nasi pecel yang hingga bisa memecahkan rekor muri,” ungkapnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana Pengukuhan Pengurus Komda Lansia Kabupaten Blitar.(foto : fathan)