ADAKITANEWS2015-10-08_11.12.09, Madiun – Kabupaten Madiun menyatakan siap menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 144 desa di 15 kecamatan pada Minggu (11/10) nanti. Untuk pengamanan pelaksanaan even tingat desa ini, telah dipersiapkan sebanyak 1.500 personil dari unsur Polri, TNI dan Satpol PP serta Linmas.

“Seluruhnya sudah siap, dari terkecil hingga logistiknya sepenuhnya, begitu untuk pengamanan melibatkan TNI, Polri, Linmas maupun Sat Pol PP. Saat ini tinggal menunggu pelaksanaannya saja, pokoknya dijamin semuanya sudah siap,” ujar Bupati Madiun, Muhtarom, usai “Apel Gelar Pasukan dan Sosialisasi Pemelihan Kepala Desa se Kabupaten Madiun” di Mapolres Madiun, Kamis (8/10).

Ia meminta jika dalam pelaksanaan Pilkades ada persoalan hendaknya disalurkan sesuai ketentuan atau aturan berlaku. “Hindari melakukan tindakan anarkis, sebab dapat berimplikasi luas dari meresahkan masyarakat hingga berurusan dengan hukum. Saya berharap pelaksanaan Pilkades bisa berjalan aman, lancar dan tertib,” ujarnya lagi.

Sementara, Kapolres Madiun AKBP Yoyon Tony Surya Putra mengatakan, untuk kepentingan pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak, pihaknya telah mempersiapkan sebanyak 1.500 personil. Pasukan pengamanan itu berasal dari unsur Polri, TNI, Linmas, Satpol PP dan lainnya. Mereka ditempatkan dari tempat pemungutan suara (TPS) hingga zona per kecematan, begitu personil lain disiagakan di polres dan polsek.

“Pantauan selama masa pendaftaran memang sempat ada persoalan di 3 desa, dapat diselesaikan dengan cepat. Begitu juga hingga memasuki masa kampanye berkahir, Rabu (7/10) lalu, berlangsung aman atau tidak ada masalah. Saya dalam berbagai kesempatan juga menegaskan jangan menganggu pelaksanaan Pilkades, jika berani menganggu saya perintahkan beri peringatan tegas dan terukur,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan Komandan Kodim 0803 Madiun, Letkol Inf Rachman Fikir. Ia menyatakan TNI ikut mendukung demi lancar, aman dan tertib pelaksanaan Pilkades, jika ada gangguan bersama Polri menangani dengan tegas. Pilkades serentak harus berjalan aman, lancar dan tertib, jika ada persoalan jangan disikapi dengan ego, apalagi hingga bertindak anarkis.

“Dalam pilkades ini ada 4 anggota TNI ikut mendaftarkan menjadi Calon Kepala Desa (Cakades), sesuai aturan jika mereka gagal dalam Pilkades dapat kembali ke TNI. Namun, mereka tidak mendapatkan jabatan serupa pernah dijabat sebelumnya, saya juga tegaskan kepada seluruh jajaran agar tetap netral atau tidak berpihak kepada calon tertentu,” ujarnya serius. (UK)

Keterangan foto : Bupati Madiun Madiun, Muhtarom, Ketua DPRD Joko Setijono, Kapolres Madiun AKBP Yoyon Tony Surya Putra dan Komandan Kodim 0803 Madiun Letkol Inf Rachman Fikiri, mengharapkan pelaksanaan Pilkades berjalan aman, lancar dan tertib. Mereka juga meminta jika ada persoalan hendaknya disalurkan sesuai aturan atau ketentuan berlaku.