PENGELOLAAN LINGKUNAGAN 2ADAKITANEWS Nganjuk – Bupati Nganjuk Drs H Taufiqurrahman mempresentasikan kinerja Kabupaten Nganjuk dalam pengelolaan lingkungan hidup. Presentasi dilakukan di depan panelis dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Selasa, 24 Nopember 2015 .

“Nganjuk telah berinovasi dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup. Diantaranya dengan pengelolaan sampah menjadi bahan bakar maupun barang lain yang bernilai, sehingga dapat membantu menunjang kesejahteraan masyarakat” kata Taufiqurrahman dalam pemaparan singkatnya.

Bupati juga menjelaskan, Nganjuk sekarang sudah masuk tahap baru sebagai kawasan industri, sehingga pengelolaan lingkungan harus lebih ditingkatkan lagi untuk memperoleh kualitas lingkungan yang baik.

adakitanews.com

adakitanews.com

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan kegiatan ini dalam rangka penilaian adipura. Penghargaan Adipura adalah penghargaan yang diberikan kepada kota-kota di seluruh Indonesia yang dinilai berhasil dalam mewujudkan kota yang bersih dan memiliki pengelolaan lingkungan hidup. Tapi kali ini penilaian terfokus pada tiga kategori, yakni Tempat Pembuangan Sampah Terpadu, Bank Sampah, Poin intinya Pengurangan Sampah. Penekanannya pada proses 3R, yakni Reuse (pemanfaat ulang), Recycle (Daur Ulang), dan Recovery (Perbaikan ).

Sedangkan Adipura Kencana adalah penghargaan Adipura tertinggi. Penghargaan ini diberikan kepada kota-kota yang yang melampaui batas pencapaian dari segi pengendalian pencemaran air dan udara, pengelolaan tanah, perubahan iklim, sosial, ekonomi serta keanekaragaman hayati. (Adv/Jati)

Keterangan Gambar : Bupati Nganjuk Drs H Taufiqurrohman saat mempresentasikan pengelolaan Lingkungan hidup di Kementerian Lingkungan Hidup sebelum memperoleh Adipura Kencana ke II