ADAKITANEWS, Sidoarjo – Setelah penahanan Direktur Perusahaan Daerah Aneka Usaha, Amral Soegianto, Kabag Umum yang juga Kepala Unit Gas, Siti Winarni, dan Kepala Unit Grafika, Imam Djunaidi, pada Senin (08/05) lalu, akhirnya Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah angkat bicara terkait perusahaan berplat merah ini.

Bupati yang akrab disapa Abah Ipul ini mengatakan, sejak dulu perusahaan milik Pemda Sidoarjo itu memang memiliki utang yang banyak. Dan bukan sebaliknya, yang seharusnya memiliki kentungan yang banyak. “Jadi utangnya yang banyak, bukan hasilnya,” jelasnya.

Sementara terkait kasus dugaan korupsi perusahaan daerah yang kini tengah ditangani kejaksaan, Bupati mengaku masih menunggu hasil akhirnya. “Kita masih menunggu hasil akhir dari penahanan Dirut PD Aneka Usaha yang ditahan oleh Kejaksaan Negeri Sidoarjo. Apakah memang terbukti bersalah atau tidak,” ujarnya ketika ditemui usai sidang paripurna di DPRD Sidoarjo, Rabu (13/06) lalu.

Abah Ipul menjelaskan, bahwa PD Aneka Usaha pernah bekerja sama dengan PT Delta Trans Asia (DTA), salah satu rekanan PD Aneka Usaha, “Waktu itu PT DTA kerjasama PD Aneka Usaha. Namun, PT DTA tidak memenuhi kewajiban pembayaran dan gas diberhentikan. Sehingga Amral kesana kemari mencari pengganti. Akhirnya ketemu PT BBG yang menalangi tagihan PT DTA,” katanya.

Bupati juga mengatakan, bahwa sebelumnya PT DTA memiliki utang dan terpaksa dibayar oleh PD Aneka Usaha. “Kalau tidak salah utangnya US$ 2.700, dan sudah dibayarkan oleh PT BBG ke pemerintah pusat dan Lapindo,” imbuhnya.

Bupati dua periode juga mengaku bahwa pemerintah daerah belum pernah memberikan penyertaan modal ke PD Aneka Usaha. “Sebenarnya pernah ada kalau gak salah tahun 2004 atau 2006, waktu itu Direkturnya masih belum Amral. Nah penyertaan modal itu untuk pembelian mesin percetakan Delta Grafika, tapi rugi terus. Ketika Amral menjadi direktur dia mengembangkan usaha tidak hanya Delta Grafika, tapi juga gas, property dan lainnya. Tapi sayangnya hingga kini izin PD Aneka Usaha belum ada,” pungkasnya.(sid2)

Keterangan gambar : Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah.(dok. Adakitanews.com)