width=

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Produk Industri Tas dan Koper (Intako) di Sidoarjo bakal mulai diekspor ke Italia mulai bulan depan. Hal itu pasca ditandatanganinya MoU oleh Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah dengan salah satu perusahaan di Italia, yakni Albisetti Internasional S.A Milan, beberapa waktu lalu.

Ekspor produk-produk unggulan asli Sidoarjo tersebut tak ayal membuat para pelaku UKM Intako tersenyum lebar. Pasalnya dengan ekspor tersebut, produk tas dan koper Intako bakal semakin dikenal oleh masyarakat di dunia.

Mengawali rencana ekspor tersebut, Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah tetap meminta agar para pelaku UKM Intako tetap menjaga mutu serta kualitas produknya. “Kalau mutu produk tetap dijaga, saya yakin ekspor tas ke Italia dan negara lainnya akan terus berlanjut,” katanya.

Ditambahkan Abah Saiful, sapaan akrab Bupati Sidoarjo bahwa Pemkab akan terus berupaya agar produk UKM asal Sidoarjo bisa terus diekspor ke luar negeri. Salah satunya seperti menjalin kerjasama dengan Italia, untuk ekspor tas dan kerajinan lainnya, produksi Koperasi Industri Tas dan Koper (Intako) Tanggulangin.

Dijelaskan Bupati, pihaknya sudah melakukan MoU dengan perusahaan Albisetti Internasional S.A Milan, Italia beberapa waktu lalu di Italia. “Contoh produk UKM sudah dipamerkan di sana dan pihak Albisettu tertarik untuk membeli produk asal Tanggulangin,” imbuhnya.

Abah Saiful menambahkan, diekspornya tas dan kerajinan lain milik UKM Tanggulangin ke Italia merupakan suatu kebanggaan. Pasalnya, Italia selama ini dikenal sebagai salah satu negara penghasil tas dan produk fashion ternama di dunia.

Ekspor rencananya akan mulai dilakukan November tahun ini. Setelah ekspor perdana tersebut, diharapkan ekspor terus berlanjut.

Sementara itu, Ketua Intako Tanggulangin, Ainur Rofik mengakui jika ekspor produk UKM dibawah Intako ke Italia sudah ada MoU dengan perusahaan Albisetti International S.A Milan. Sedangkan untuk produk UKM Intako dibawah pengawasan PT Agiomultimex, perusahaan sepatu dan sandal yang berlokasi di Sidoarjo.

Ainur menambahkan, selama ini produk Intako sudah diekspor ke luar negeri. Salah satunya, ke Timor Leste, Amerika dan lainnya. Dengan menembus Italia, lanjut Ainur, merupakan suatu kebanggaan. Sebab, Italia selama ini terkenal dengan produk tas dan produk kulit lainnya. Produk asal Tanggulangin berarti tidak kalah bersaing dengan produk Italia. “Untuk mutu produk akan kita jaga, apalagi kalau sudah diekspor,” tandas Ainur.

Ekspor produk Intako ke Italia, lanjut Ainur, melalui proses cukup panjang sejak Pebruari 2016 lalu. Tentunya berdasarkan contoh produk yang dikirimkan ke Italia. Kerjasama ini juga disupport oleh ITPC (Indonesian Trade Promotion Center) di Milan. “Tahap awal atau ekspor perdana sekitar 2.500 tas. Terdiri dari tas wanita, tas rajut, tas punggung dan tas pakaian,” jelas Ainur.

Bukan hanya Italia, pruduk Intako akan diekspor ke 11 negara lainnya melaui bapak asuh PT Agiomultimex Sidoarjo dan selanjutnya akan dipasarkan ke seluruh dunia. Dengan bisa menembus pasar internasional, diharapkan bisa membuat UKM di Sidoarjo kembali berjaya seperti sebelum terjadinya semburan lumpur di Porong.

Untuk diketahui, pengembangan ekspor yang dilakukan UKM Intako, juga disupport Bank Jatim Cabang Sidoarjo. Terutama untuk permodalan, agar UKM bisa meningkatkan ekspor.

Selain itu, selama ini Bank Jatim Cabang Sidoarjo juga mengucurkan kredit lunak kepada UKM di Kabupaten Sidoarjo. “Selama ini Bank Jatim Cabang Sidoarjo memberikan kredit lunak ke UKM, terutama di Intako,” imbuh Ainur Rofik.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan UKM dan ESDM Sidoarjo, Fenny Apridawati mengatakan untuk menembus pasar Italia memang cukup sulit. Namun, dengan pendekatan Pemkab Sidoarjo dan PT Agiomultimex akhirnya dilakukan MoU oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. “Alhamdulillah akhirnya produk Intako bisa menembus Italia,” ujarnya.

Fenny menambahkan, pihaknya selama ini berupaya agar produk UKM di Kabupaten Sidoarjo bisa terus berkembang. Selain bisa diekspor ke Italia, produk UKM Sidoarjo bisa diekspor ke negara lainnya.(adv/diskoperindag/kur)

Keterangan gambar: Bupati Sidoarjo saat menandatangani MoU dengan Albisetti Internasional S.A Milan.(ist)