width=

ADAKITANEWS, SIDOARJO – Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah mengajukan usulan mengubah PD (Perusahaan Daerah) Aneka Usaha menjadi PT (Perseroan Terbatas). Usulan tersebut disampaikan dalam paparan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dalam rapat paripurna di depan anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo, Senin (06/06).

Bupati yang akrab disapa Abah Saiful itu mengatakan, perubahan status PD menjadi PT dilakukan salah satunya agar perusahaan milik daerah tersebut bisa terus menghadapi persaingan bisnis dengan perusahaan-perusahaan lain. Diantaranya juga menambah jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Dengan perubahan itu diharapkan Aneka Usaha mampu bersaing bisnis dengan PT-PT lain dan bisa menambah PAD,” ujar Abah Saiful kepada sejumlah awak media usai mengikuti rapat paripurna, Senin (06/06).

Abah Saiful mengatakan, saat ini PD Aneka Usaha diketahui memiliki beberapa usaha. Diantaranya di bidang percetakan, perdagangan gas dan persewaan properti. Dengan perubahan status menjadi PT, diharap Aneka Usaha bisa terus mengembangkan usaha di bidang lain sekaligus menambah perusahaan-perusahaan lain. “Kedepan diharapkan Aneka Usaha bisa bergerak ke bidang lain. Dengan Perda ini juga, diharapkan kinerja Aneka Usaha bisa berjalan lebih maksimal,” imbuhnya.

Selama ini diketahui, pada tahun 2015 lalu PD Aneka Usaha hanya mampu menyetor PAD kepada pemerintah daerah sebanyak Rp 829 juta. Jika telah menjadi PT, Abah Saiful menargetkan peningkatan PAD akan lebih banyak lagi. “Harus lebih banyak lagi (PAD-nya,red),” tutupnya.(kur)

Keterangan gambar: Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sidoarjo.(foto: kurniawan)