Kediri(adakitanews.com)—M. David Setiawan (23) warga Desa Jemekan Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri, M. David Setiawan (23), ditangkap Tim Resmob Satreskrim Polres Kediri. Seorang pemuda yang berprofesi sebagai buruh tani ini ditangkap karena mencuri ponsel.

Kasat Reskrim Polres Kediri AKP Gilang Akbar mengatakan, penangkapan pelaku bermula dari laporan Sri Utami (50) warga Desa Batuaji Kecamatan Ringinrejo.

Korban pada saat itu manaruh ponsel miliknya di meja kamar sebelah tempat salat hilang. Selanjutnya, korban mencari di dalam rumahnya, akan tetapi tidak ketemu. Korban juga berusaha menelepon nomor HP miliknya, tapi tidak aktif.

“Atas kejadian itu korban mengalami kerugian diperkirakan mencapai Rp 4 juta,”tutur Kasat Reskrim Polres Kediri, AKP Gilang Akbar, Kamis (16/7/2020).

Menindaklanjuti laporan tersebut Tim Unit Resmob Satreskrim Polres Kediri dan petugas Unit Reskrim Polsek Ringinrejo melakukan serangkaian penyelidikan.

“Kami menemukan keberadaan ponsel yang dimaksud, dan sementara mengamankan saksi R dan D. Kedua diamankan di rumah masing-masing,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan kepada saksi, lanjutnya, mereka mengaku jika HP tersebut diperoleh dari David. “Kami segera menyelidiki keberadaan pelaku. Akhirnya kami berhasil menangkap pelaku, yakni David,” ungkap AKP Gilang.

Dari hasil pemeriksaan, David mengaku jika ponsel yang dijual kepada saksi adalah ponsel yang diambil di salah satu toko yang berada di Desa Batuaji Kecamatan Ringinrejo, yang tidak lain adalah milik korban. Ponsel tersebut dijual melalui media sosial, Facebook.

“Untuk pelaku saat ini masih dimintai keterangan,”jelas AKP Gilang.

Barang bukti yang sementara ini disita oleh personel Unit Resmob yaitu satu buah dosbook HP Vivo V15, satu unit HP Vivo V15 warna coklat kombinasi merah hitam, serta satu lembar kuitansi pembelian HP. Atas tindakannya tersebut, David diduga melanggar Pasal 362 KUHP tentang tindak pidana pencurian.(gar).