Bus AKAP Ludes Terbakar, Penumpang Selamat

ADAKITANEWS, Madiun – Sebuah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Sugeng Rahayu nopol W 7225 UZ terbakar habis hingga hanya menyisakan kerangkanya saja, di jalan raya Surabaya – Madiun, tepatnya di Desa Garon Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun, Sabtu (05/08) sekitar pukul 20.30 WIB.

Sopir bus nahas tersebut, Agus Rianto, 37, warga Jalan Panglima Sudirman Mangundikaran Kabupaten Nganjuk mengatakan, awalnya bus melaju dari arah Surabaya menuju Madiun. Saat tiba di lokasi kejadian, tiba-tiba dari arah berlawanan muncul iring-iringan tiga sepeda motor dan salah satu sepeda motor tersebut menabrak bagian kanan bus dan menimbulkan percikan api.

“Bagian kanan bus tiba-tiba ditabrak salah satu sepeda motor yang awalnya berjalan beriringan dari arah berlawanan sehingga menimbulkan percikan api dan membakar tangki solar sehingga bus terbakar,” terang Agus saat masih di lokasi kejadian, Minggu (06/08) dini hari.

Hingga berita ini ditulis, belum diketahui pasti pemilik kendaraan roda dua tersebut. Di lokasi kejadian, hanya menyisakan bangkai bus yang terbakar habis serta kerangka kendaraan roda dua dengan nopol AE 4448 PI, yang juga ludes terbakar dan berada di bawah kolong bus.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Madiun, Ipda Made Jata Wiranegara menjelaskan, dugaan awal bus berusaha menyalip kendaraan yang tidak diketahui identitasnya. Dan dari arah berlawan ada sepeda motor yang kemudian oleng dan terjatuh menabrak bus sehingga timbul percikan api dan membakar bus.

“Namun untuk mengetahui penyebab pasti musibah kecelakaan yang menyebabkan terbakarnya bus ini masih dalam penyelidikan pihak Satlantas Polres Madiun,” lanjut Ipda Made Jata.

Sementara itu berdasarkan keterangan dari petugas kontrol bus Sumber Rahayu di lokasi kejadian, dalam musibah ini tidak ada korban jiwa baik kru bus maupun penumpangnya. Meski demikian, akibat kejadian tersebut arus lalu lintas dari kedua arah sempat mengalami kemacetan hingga sepanjang lima kilometer.(bud)

Keterangan gambar : Kerangka bus yang habis terbakar dan saat bus masih dilalap api.(foto : budiyanto/ist)

Recommended For You