ADAKITANEWSCacing Tanah (lumbricus Rubellus), Nganjuk –  Mungkin banyak orang merasa jijik dan geli bila mendengar serta melihat binatang bernama Cacing Tanah ( lumbricus Rubellus). Namun siapa sangka, binatang Invertebrata ( tidak bertulang belakang ) yang biasanya hanya dibuat umpan untuk memancing ikan ini, ternyata sangat ampuh dan Mujarab mengatasi berbagai penyakit.

Hal ini dibuktikan oleh Jito,51, warga lingkungan Winong Kelurahan Ploso Kecamatan/Kabupaten Nganjuk.

Bapak dua anak ini mengalami sakit perut, lambungnya terasa perih dan nyeri hingga tidak ada nafsu makan karena merasakan sakitnya. “Rasanya perut seperti ditusuk jarum, sakitnya minta ampun, sampai tidak kepikiran makan,”tutur Jito.

Akantetapi karena takut kena sakit maag, diapun mencoba mengisi perutnya dengan sesuap nasi. Namun baru beberapa suap menelan nasi, perutnya semakin melilit sakit rasanya.

Setelah pergi ke dokter, dia di vonis sakit Typus dan harus dirujuk ke rumahsakit. Karena keterbatasan dana untuk biaya ke rumahsakit, petani tulen ini tidak mengindahkan nasehat dokter. Diapun pulang kerumah dan memilih berobat jalan saja.

Ketika berbaring sakit diatas tempat tidur, dia teringat omongan banyak banyak orang, bahwa cacing tanah bisa menyembuhkan berbagai penyakit termasuk sakit perut. “Saya sering mendengar, katanya cacing bisa menyembuhkan sakit perut,”lanjutnya.

Maka tanpa pikir panjang, diapun bergegas menuju pekarangan rumah mencari cacing tanah disekitar comberan belakang rumah, karena memang binatang ini mudah didapat dan hidup  didalam tanah yang gembur dan lembab.

Setelah cacing tanah dibersihkan, lalu direbus dengan air hingga mendidih. Setelah air rebusan cacing tanah mendidih lalu disaring diambil airnya. Selang beberapa saat ketika air sudah hangat, kang Jito langsung meminumnya. “Sehari saya minum dua kali, siang dan malam,” terang Jito.

Menurut Jito, air rebusan cacing tanah itu baunya amis dan rasanya anyir. “meskipun rasanya anyir dan neg hingga saya hampir muntah-muntah, tapi alhamdulillah ampuh khasiatnya, “imbuh Jito yang wanti-wanti tidak mau difoto.

Beberapa ahli kesehatan mengatakan jika cacing tanah mengandung kadar protein tinggi sebesar 76 persen melebihi kandungan protein ikan ( 50 persen-red) dan mempunyai khasiat menyembuhkan berbagai penyakit dan menjaga kesehatan dan tanpa efek samping.

Penelitian juga membuktikan adanya anti bakteri dan protein hasil ekstrasi cacing tanah sanggup menghambat pertumbuhan bakteri gram negarif yang mampu mengobati berbagai infeksi saluran pencernaan seperti Typus, disentri,diare serta gangguan perut lainnya seperti maag, dan mengobati infeksi saluran pernafasan seperti batuk, asma, influenza dan TBC.

Berikut resep Ala kang Jito untuk atasi sakit typus ,
Bahan : – 5 ekor cacing tanah
–  Air 500 gram.

Caranya : cacing tanah dipotong menjadi 2 bagian lalu dibersihkan. Setelah itu cacing tanah dimasukkan dalam dalam panci atau wadah lainnya lalu diberi air 1 gelas atau sekitar 500 gram. Selanjutnya direbus hingga mendidih dengan kayu bakar atau arang.

Untuk merebusnya ,diusahakan tidak memakai kompor minyak tanan atau gas elpiji.

Selanjutnya air rebusan cacing yang sudah  mendidih disaring diambil airnya. Ketika air rebusan cacing tanah ini masih hangat, segera minum.

Minumlah sehari 2-3 kali, dan untuk mengurangi rasa anyir dan neg, boleh ditambahkan madu  agar lekas sembuh. (Kmto/jati)