Catatan dari Bali (2): Eksotisme Malam Pulau Dewata

ADAKITANEWS, Bali – Masuknya budaya modern di Bali, mau tidak mau memaksa daerah yang dikenal dengan sebutan Pulau Dewata itu tetap terjaga dan tak pernah memejamkan mata.

=========

Suasana keramaian di Pulau Dewata Bali bisa dikatakan tak pernah sirna. Meski jalanan terlihat lebih lengang dari biasanya, dentuman musik serta lalu-lalang wisatawan seakan tetap menjadikan Bali memiliki aktivitas sepanjang masa.

Perjalanan singkat 70 wartawan asal Sidoarjo, dengan agenda kunjungan kerja ke Pulau Dewata, sejak awal terus menyisakan memori penuh cerita. Eksotisme budaya serta keindahan alam salah satu propinsi di wilayah tengah Indonesia itupun juga semakin membuat awak media rasa bangga akan ke-Bhinneka-annya.

Malam di Pulau Dewata bukan hanya sekedar menyuguhkan hiburan semata. Sedikit melawan konotasi negatif dari pemahaman masyarakat soal dunia malam di Pulau Dewata, masyarakat Bali kembali menunjukkan bahwa wilayahnya wilayahnya patut mendapat apresiasi seluruh warga dunia dengan tetap mengedepankan budaya khasnya.
Salah satunya dengan suguhan makanan serta konsep suasana alam di pesisir pantai Jimbaran Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung.

Muclis, salah satu wartawan yang ikut dalam rombonganpun mengakui bahwa Bali bukan hanya terkenal dengan dunia malam. Namun, pesona alam yang eksotispun juga layak menjadi unggulan. “Malam hari di Bali ternyata juga bisa seindah ini,” kagum Muclis menikmati jamuan malam di salah satu restoran di pinggir Pantai Jimbaran.

Muclis mengakui, konotasi dunia malam saat ini memang cenderung mengarah ke perihal negatif. Tetapi, dengan menyuguhkan pesona alam serta budayanya, pandangan buruk itupun juga ikut sirna. “Hebatnya Bali ya seperti ini. Tetap me-nomor satu-kan warisan budayanya,” imbuhnya.

Dikatakan Muclis, ciri khas Bali yang tetap dipertahankan oleh masyarakatnya hingga kini menjadi benteng tersendiri di tengah masuknya budaya-budaya asing di Indonesia. “Saya tetap bangga dengan Indonesia. Bali, adalah aset tak ternilainya Indonesia,” pungkasnya.(kur/bersambung)

Recommended For You