ADAKITANEWS, Tulungagung – Untuk mencegah aksi vandalisme dan pendidikan penguatan karakter di kalangan siswa, SMPN 6 Tulungagung mengadakan lomba lukis mural di halaman sekolah dengan tema lingkungan, Jumat (13/10). Puluhan bidang lukisan mural karya siswa ini pun memberi kesan unik dan menarik halaman sekolah.

Wakil Kepala SMPN 6 Tulungagung Sokip Subiyanto mengatakan lomba melukis mural ini diikuti oleh seluruh siswa mulai kelas 7 hingga kelas 9. Dengan mengambil tema menjaga lingkungan, seluruh siswa SMPN 6 Tulungagung tampak semangat dan antusias menyelesaikan lukisan mural pada bidang yang berukuran 2,5 X 3 meter di lantai paing halaman sekolah.

Lomba lukis mural antar kelas ini, dilakukan untuk menghibur siswa dan mengisi waktu di kegiatan tengah semester. Selain juga sebagai salah satu media penyaluran hobi dan untuk mengurangi aksi vandalisme yang kerap dilakukan pelajar.

“Alasan kami menggelar lomba, untuk memberikan wadah bagi pemuda. Jangan sampai pemuda itu salah menyalurkan apresiasinya di tempat yang salah. Misalnya dengan mencoret-coret pintu toilet atau pagar,” kata Wakil Kepala SMPN 6 Tulungagung, Sokip Subiyanto.

Kegiatan lukis ini, lanjut Sokip, sekaligus sebagai salah satu bentuk penguatan pendidikan karakter bagi siswa yang disesuaikan dengan salah satu visi misi sekolah yakni cinta lingkungan.

Dengan menggunakan cat tembok dan cat genting, para pelajar kelas 7 hingga 9 ini tampak ceria kala menorehkan cat aneka warna di bidang gambar. Berbagai pesan untuk menyelamatkan lingkungan dan dampak pemanasan global, dituangkan ke dalam puluhan lukisan. Halaman yang semula polos, kini menjadi berwarna-warni.

Lanjut Sokip, seluruh pembiayaan kegiatan, diantaranya untuk pengadaan cat dan lain-lain tidak dibebankan pada siswa, melainkan diambilkan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Sementara itu, salah seorang peserta lomba melukis mural, Ika Khasyfiana, siswi kelas 7 mengaku senang dengan kegiatan lukis mural ini. “Dalam pembuatan lukisan ini, tim kita memerlukan waktu 3 hari untuk menyusun rencana. Mulai dari penentuan judul, pembuatan pola, menentukan warna hingga penyelesaiannya,” kata peserta lomba, Ika Khasyfiana.(ta1)

Keterangan gambar : Peserta sedang menyelesaikan karya muralnya.(foto : acta cahyono)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/131017-ta1-tulungagung-mural.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/131017-ta1-tulungagung-mural-150x150.jpgREDAKSIPendidikanadakitanews,Berita,mural,smpn 6,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Untuk mencegah aksi vandalisme dan pendidikan penguatan karakter di kalangan siswa, SMPN 6 Tulungagung mengadakan lomba lukis mural di halaman sekolah dengan tema lingkungan, Jumat (13/10). Puluhan bidang lukisan mural karya siswa ini pun memberi kesan unik dan menarik halaman sekolah. Wakil Kepala SMPN 6 Tulungagung Sokip...