ADAKITANEWS, Blitar – Proses pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Kabupaten Blitar tahap kedua saat ini sedang berjalan. Dari pelunasan tahap kedua ini, maka jumlah pasti Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Blitar bisa diketahui.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar, Syaikul Munib mengatakan, jumlah total jemaah haji asal Kabupaten Blitar yang terdata saat ini ada 932 orang. Pihaknya pun memperkirakan mereka akan mulai berangkat pada tanggal 30 Juli mendatang. “Kita perkirakan CJH asal Kabupaten Blitar akan berangkat akhir bulan Juli atau sekitar tanggal 30 Juli,” katanya, Senin (12/06).

Syaikul Munib menjelaskan, untuk CJH asal Kabupaten Blitar akan terbagi dalam tiga kloter, yaitu kloter 11, 12, dan kloter 13. Dimana per kloter ada 450 orang CJH. “Untuk kloter 11 akan berangkat pada tanggal 30 Juli dan akan masuk asrama haji pada tanggal tersebut sekitar pukul 08.00 WIB. Sedangkan untuk kloter 12 akan berangkat pada tanggal 31 Juli dan akan masuk asrama haji pada tanggal 31 Juli sekitar pukul 07.00 WIB. Dan untuk kloter 13 keberangkatannya akan digabungkan dengan Kota Blitar dan Bojonegoro, kita perkirakan akan berangkat pada tanggal 31 Juli dan masuk asrama haji pada tanggal tersebut pukul 08.00 WIB,” jelas Syaikul.

Ia menambahkan, untuk kepastian keberangkatan Jemaah Haji asal Kabupaten Blitar ini, pihaknya masih menunggu surat resmi dari Kemenag Jawa Timur. “Ya untuk kepastiannya, kita tunggu surat resmi dari Kemenag Jatim,” imbuhnya.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana Pelunasan BPIH tahap kedua di Kantor Kemenag Kabupaten Blitar.(foto : fathan)