width=

ADAKITANEWS, Jombang – Cuaca buruk yang terjadi beberapa hari terakhir berdampak pada mahalnya harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional di Jombang. Hampir semua jenis ikan laut yang dijual di lapak para pedagang mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan hingga mencapai Rp 20 ribu per kilogram.

Menurut salah satu pedagang ikan, Subandriyah, kenaikan harga itu disebabkan oleh langkanya pasokan beberapa jenis ikan laut. Sedangkan sejak awal bulan puasa lalu, permintaan konsumen di pasar justru meningkat dari hari biasanya.

Hal itu ditambah dengan banyak nelayan yang tidak berani melaut lantaran cuaca buruk sehingga menyebabkan kelangkaan dan berkurangnya pasokan hingga 50 persen dari hari biasa. Seperti cumi-cumi, yang sebelumnya mendapat jatah pasokan dari pedagang besar sebesar 2 kuintal per hari, sejak tiga hari lalu hanya diberi jatah pasokan 1 kuintal saja. “Kadang sampai barangnya telat dan tidak ada. Yang sering telat itu semua ikan laut, terkadang ikan tuna,” kata Subandriyah, Senin (13/06).

Berdasarkan pantauan, kenaikan harga paling menonjol terjadi pada kepiting yang naik menjadi Rp 100 ribu per kilogram. Harga tersebut naik sekitar 20 persen dari harga sebelumnya yang hanya berkisar Rp 80 ribu per kilogram.

Beberapa jenis ikan laut lain yang juga mengalami kenaikan diantaranya, cumi-cumi dari harga Rp 35 ribu per kilogram menjadi Rp 45 ribu per kilogram. Ikan tuna dari Rp 20 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 25 ribu per kilogram dan ikan salmon yang sebelumnya hanya berkisar Rp 35 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

Subandriyah menambahkan, melejitnya harga ikan laut itu  kerap membuat sejumlah pelanggannya kaget dan terpaksa beralih kepada ikan air tawar yang harganya jauh lebih murah. Namun, banyak juga konsumen yang terpaksa tetap membeli ikan laut dengan cara mengurangi kuantitas pembeliannya.

Salah satu konsmumen, Sari Sugeng, mengakui mahalnya harga ikan laut akhir-akhir ini. Dia yang awalnya hendak membeli kepiting terpaksa harus mengurungkan niatnya dan beralih membeli ikan air tawar untuk menghemat pengeluaran.(Tari/Jati)

Keterangan gambar: Lapak pedagang ikan laut di Pasar Legi Citra Niaga Jombang.