ADAKITANEWS, Blitar – Kasus penculikan dan persetubuhan terhadap anak dibawah umur akhirnya terungkap. Tersangka Heru Santoso, 33, warga asal Dusun Kebunrojo Desa Ngembul Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar, bahkan terpaksa dihadiahi timah panas oleh petugas lantaran mencoba melawan saat hendak ditangkap.

Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya mengatakan, pengungkapan kasus tersebut berawal dari laporan korban, sebut saja Bunga, 16, bukan nama sebenarnya, warga Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Saat hendak ditangkap oleh tim penyidik Satreskrim Polres Blitar, tersangka melakukan perlawanan sehingga terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan di kaki sebelah kanan. Dan saat ini, tersangka masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Blitar.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara terdapat 3 korban yang ada di wilayah Blitar, dan semuanya dibawah umur. Modus tersangka, lanjut Kapolres, yakni dengan mengaku sebagai anggota Polri kemudian menangkap dan menuduh korban sebagai pengguna narkoba.

“Tersangka mengaku sebagai anggota Polri, kemudian akan membantu menyelamatkan korban dengan membawanya ke luar kota. Saat itulah tersangka menyetubuhi dan merampas barang berharga milik korban,” jelas AKBP Slamet Waloya, Selasa (02/01).

Penangkapan tersangka dilakukan pada Sabtu (30/17) sekitar pukul 12.00 WIB di perempatan terminal Lodoyo. Saat ini, pihak kepolisian masih mendalami TKP lain yang dimungkinkan dilakukan oleh tersangka.

‚ÄúSementara ada 3 korban yang ada di Blitar. Untuk di wilayah lain yaitu di Tulungagung ada 3 TKP, namun merupakan tindak pidana penipuan atau penggelapan. Selain mencabuli korban, barang-barang berharga milik korban juga dibawa atau dirampas pelaku seperti hp dan sepeda motor. Untuk korban dibawa keluar daerah seperti di Malang,” jelasnya.

Sementara itu saat ditanya terkait penangkapannya, tersangka mengelak dan mengaku bahwa hp serta sepeda motor yang menjadi barang bukti tersebut bukan miliknya, melainkan milik temannya. “Saya tidak kenal dengan dia (korban,red). Saya tidak melakukan apa-apa dan tidak mengaku menjadi anggota Polisi,” kata Heru.(fat/wir)

Keterangan gambar: Tersangka saat dibawa ke Mapolres Blitar.(foto : fathan)