Dampak Galian C di Kabuh Jombang

1669

ADAKITANEWS, Jombang – Dampak adanya proyek galian C di Dusun Grobogan Desa Karangpakis Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang tidak hanya membahayakan bagi pengendara jalan, tetapi juga warga di sekitar jalan raya, yang mempunyai rumah serta tempat mencari nafkah.

Suwardi salah satunya. Warga Desa Grobogan yang berjualan kopi di sekitar lokasi menjelaskan, kondisi jalan yang berlumpur dan berdebu itu sudah lama ia rasakan. Bahkan ketika hujan, lumpur-lumpur bekas tanah galian yang tercecer di jalan juga sangat berbahaya bagi pengendara. “Sebab nanti bisa licin. Tapi kalau tidak terkena hujan, debu-debu ini juga meresahkan,” ujarnya, Kamis (26/01).

Ketika Tim Adakitanews.com menanyakan tentang kompensasi yang diterima masyarakat, Suwardi mengaku jika memang warga telah mendapatkannya. “Kami masih dapat dua kali kompensasi dari galian ini terhitung sejak November dan Desember. Untuk bulan depan enggak tahu dikasih atau tidak. Sebab meskipun galian C ini sudah lama ada disini, ya hanya 2 kali ini kita dikasih kompensasi dengan nominal waktu bulan November Rp 300 ribu dan untuk bulan Desember Rp 250 ribu,” terangnya

Hingga berita ini ditulis, Kepala Desa Karangpakis belum bisa dimintai keterangan. Saat Tim Adakitanews.com mencoba menemuinya di kantor, oleh staf desa dikatakan bahwa Kepala Desa sedang ada rapat di kantor Kecamatan. Namun, saat disusul ke kantor kecamatan, yang bersangkutan juga sudah tidak ada di lokasi. “Pak Kades sedang ada rapat di kecamatan. dan belum tahu sampai jam berapa kembali ke balai desa,” ujar staf desa.

Bahkan saat coba ditemui di rumahnya, sang Kepala Desa pun juga tidak berada di tempat. “Pak Kades nggak ada di rumah. Nggak tahu kemana,” ujar istri Kepala Desa.

Terpisah, Kapolsek Kabuh, AKP Matwi Alim saat dihubungi via telepon mengatakan, terkait kondisi jalan yang berlumpur pihaknya sudah memberikan imbauan berupa banner kepada pengguna jalan agar berhati-hati. ” Selama ini belum ada warga yang melakukan pelaporan ke Polsek Kabuh sebab mereka (warga,red) sudah diberikan kompensasi. Untuk jalan yang berlumpur dan berdebu, Polsek Kabuh sudah melakukan imbauan terhadap pengguna jalan berupa banner,” terangnya.(jb4/jb2)

Keterangan gambar: Suasana lokasi galian C di Kabuh, serta kondisi jalan raya dan kantor balai Desa Karangpakis.(foto: sugiono)