2015-08-04_01.30.582015-08-04_01.31.47

ADAKITANEWS, Nganjuk – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar menghimbau kepada kepala desa di Kabupaten Nganjuk untuk mengajak masyarakat mengintensifkan rembug desa atau musyawarah desa. Dari rembug desa akan ditentukan arah pembangunan desa yang didanai dengan dana desa, .

Pada pertemuan yang juga dihadiri oleh Bupati Nganjuk Drs H Taufiqurrahman dan juga seluruh SKPD se Kabupaten Nganjuk. Marwan Jafar menjelaskan penggunaan dana desa harus di alokasikan untuk tercapaianya pembangunan desa sebagaimana yang sudah tercantum dalam Permendesa Nomer 5 tahun 2015.

Menurutnya, prioritas pembangunan desa harus menyokong peningkatan kesejahteraan masyarakat desa beserta kualitas hidup manusia, dan mengentaskan kemiskinan. Perihal ini meliputi pembangunan dan pemeliharaan jalan desa, pembangunan dan pemeliharaan jalan usaha tani, pembangunan dan pemeliharaan irigasi tersier.

“Jika pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dan pembangunan sarana prasarana terpenuhi, Masyarakat dengan mudah mengembangkan potensi-potensinya. Sehingga masyarakat akan hidup dengan layak karena ekonomi lokalnya tercapai,” ujarnya,  Senin, (03/8)

Lebih lanjut Marwan Jafar menghimbau kepada Kepala Desa di Kabupaten Nganjuk untuk mengajak masyarakat mengintensifkan rembug desa atau musyawarah desa. Diharapkan dari musyawarah desa akan tercipta arah pembangunan desa yang juga didanai dengan dana desa. “Dari rembug desa akan diketahui permasalahan di desa dan bagaimana solusinya. Partisipasi masyarakat pun harus lebih aktif. Ini penting karena rembug desa inilah yang menentukan arah pembangunan desa. Maka, musyawarah desa ini pelaksanaannya harus lebih partisipatif, demokratis, dan akuntabel,” tandasnya

Menteri Marwan Jafar juga mengingatkan pentingnya dana desa bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Karena itu ia akan selalu proaktif memantau proses penyaluran tersebut mulai dari tingkat pusat hingga ke tingkat desa.

“Saya instruksikan kepada seluruh kepala daerah secepat mungkin menyalurkan dana desa ke desa-desa di wilayahnya yang telah memenuhi persyaratan, supaya dana tersebut bisa segera dimanfaatkan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” tegas Marwan.

Sementara itu Bupati Nganjuk H Taufiqurrahman mengaku telah menyalurkan seluruh dana desa ke 264 desa di Nganjuk. Dengan harapan, target percepatan pembangunan desa segera tercapai. Apalagi untuk membangun infrastruktur karena ketersediaan infrastruktur ini sangat penting untuk menggerakkan perekonomian desa dan juga untuk melancarkan berbagai aktivitas penting lainnya.

“Salah satu kunci sukses dari program dana desa ini adalah kerjasama semua pihak yang terkait. Ada pihak yang melaksanakan, ada yang mendampingi dan ada yang mengawasi untuk mencapai hasil yang lebih optimal dan mencapai target sesuai yang diharapkan,” tandas Bupati Nganjuk.(adv/jati)

Keterangan Gambar : Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Nganjuk