Dandim 0809 Kediri Resmi Buka Liga Santri Piala KASAD 2022

Kediri(adakitanews.com)—Komandan Distrik Militer (Dandim) 0809 Kediri Letkol Inf Rully Eko Suryawan secara resmi membuka langsung Liga Santri Piala Kepala Satuan Angkatan Darat (KASAD) 2022.

Pembukaan ini digelar di Stadion Canda Bhirawa Pare Kabupaten Kediri, Senin (20/6/2022) sore. Liga Santri ini diikuti sebanyak 16 tim dari Pondok Pesantren (Ponpes) di Kediri Raya.

Dandim 0809 Kediri Letkol Inf Rully Eko Suryawan mengatakan, sesuai sambutan dari KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman bahwa Liga Santri 2022 ini dilakukan sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar Pondok Pesantren (Ponpes) seluruh Indonesia khususnya Kediri Raya.

“Ini bisa mempertemukan silaturahmi satu ponpes dengan ponpes lainnya di Kediri Raya,” kata Letkol Inf Rully.

Letkol Inf Rully menyampaikan, Liga Santri ini juga sebagai sarana untuk memiliki jiwa dan badan sehat. Hal tersebut dikarenakan para santri mempunyai kemampuan dan kelebihan.

Apalagi, selain mengaji dan belajar ilmu agama, para santri juga pasti mempunyai kualitas sehingga kemungkinan KASAD bisa merekrut santri yang mempunya fisik yang bagus.

“Diharapkan cabang olahraga ini bisa mampu mengharumkan hingga ke kancah Internasional,” ucap Letkol Inf Ruly.

Bahkan, dia juga berharap kepada santri agar bermain dengan sportivitas dan wasit harus menjalankan tugasnya sesuai dengan amanah.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyyah Bandar Kidul Mojoroto Kota Kediri, KH Abu Bakar Abdul Jalil menyebut jika ajang silaturahmi ini juga menjadi kesempatan santri untuk lebih mengasah kemampuan disamping rutinitas belajar di pondok.

Dengan harapan tak hanya sebagai hiburan semata namun juga sarana olahraga yang berkualitas. “Tentu bagaimana santri punya skill, disamping ngaji juga bisa berkualitas di berbagai bidang, syukur-syukur dengan ajang ini santri yang fisiknya bagus bisa direkrut sebagai anggota TNI ke depan,” ungkapnya.

Dalam pembukaan Liga Liga Santri Piala Kepala Satuan Angkatan Darat (KASAD) 2022, dihadiri Forkopimda Kota dan Kabupaten Kediri. Hadir pula KONI Kota dan Kabupaten Kediri, serta pengurus Pondok Pesantren Kota dan Kabupaten Kediri.

Sementara itu, sebanyak 16 tim sepak bola asal pondok pesantren di Kabupaten dan Kota Kediri ikuti ajang liga santri piala Kasad 2022. Mereka akan bertanding mewakili wilayah Kodim 0809 Kediri untuk nantinya akan berlaga di tingkat provinsi.

16 tim sepak bola ini dibagi menjadi empat grup, yakni grup A, grup B, grup C, dan grup D. Pertandingan ini akan digelar mulai 20 hingga tanggal 26 Juni mendatang menggunakan sistem gugur.

Adapun tim yang tergabung dalam grub A diantaranya adalah Al Husna Wates, Al Falah Ploso, Wali Barokah Burengan, dan Riyadotus Sarfah Plosoklaten. Di grub B yakni Ummul Qur’an Tarokan, Nurul Hakim Bandar, Al Ishlah Ngasem dan Al Makruf Bandar.

Sementara pada grub C yakni Mahir Arriyadl 2 Kepung, Nurul Hakim Bandar, Nurul Azizah Kunjang dan Sorojul Ulum Pare. Serta pada grub D yakni Darul Fatihin Badas, Amnahdul Toladni Kandangan, Babussalam Kepung dan Mahir Arriyadl 1 Kepung.

Di Laga pertandingan perdana, tim kesebelasan Darul Fatihin FC asal Badas melawan Ma’hadut Tholabah dari Kandangan. Di pertandingan itu tim Darul Fatihin menang telak dengan skor 12-0.(Gar).

Recommended For You