ADAKITANEWS, Kota Madiun – Acara Apel Kehormatan dan Renungan Suci digelar di Taman Makam Pahlawan Kota Madiun, Kamis (17/08) tepat pukul 00.00 WIB. Dalam acara yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT RI ke-72 itu, Komandan Lanud Iswahjudi, Kolonel Pnb Samsul Rizal SIP,M Tr (han) hadir menjadi Inspektur Upacara.

Dalam Apel Kehormatan dan Renungan Suci itu, Kolonel Pnb Samsul Rizal menyampaikan rasa hormat setinggi-tingginya kepada para pahlawan, atas kesucian dan keiklasannya berjuang, serta pengabdiannya membahagiakan bangsa Indonesia.

“Kami yang hadir di tempat ini menyatakan hormat yang setinggi-tingginya atas pengorbanan serta keikhlasan dan kesucian para pahlawan,” ucapnya.

Masih menurut Kolonel Pnb Samsul Rizal, seluruh perjuangan para pahlawan adalah merupakan perjuangan juga bagi seluruh anak bangsa saat ini. Ia, kemudian memimpin doa yang ditujukan kepada arwah para pahlawan, agar diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk menambah khidmat kegiatan apel tersebut, seluruh lampu di lokasi juga dipadamkan dan diganti dengan obor dari bambu.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 450 tamu dan undangan, yang terdiri dari unsur TNI, Polri, unsur Forkompimda, para Veteran, serta PNS di lingkungan pemerintahan.

Data yang dihimpun menyebutkan, Pahlawan yang dimakamkan di TMP, Kota Madiun terdiri dari unsur TNI/Polri sebanyak 79 personel, PNS 5 personel, pejuang rakyat 156 personel, serta rakyat tidak dikenal ada 71 dengan total keseluruhan ada 311 .(bud)

Keterangan gambar : Pembacaan Apel Kehormatan dan Renungan Suci oleh Kolonel Pnb Samsul Rizal SIP, M Tr (Han). (foto : budiyanto)