ADAKITANEWS2015-07-10_20.52.30, Banyuwangi – Gunung Raung yang terletak diperbatasan Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso dan Jember kembali meningkatkan aktivitasnya. Pada hari Jum’at (10/7) sekitar pukul 14.00 Wib Gunung Raung mengeluarkan pasir halus berwarna hitam. Perihal ini membuat Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi yang terletak di lereng Gunung Raung tertutupi debu.

Meningkatnya aktivitas Gunung Raung membuat kaget para warga yang sibuk beraktifitas dan menyiapkan santapan untuk berbuka puasa. Debu yang keluar dan menutupi sebagian besar Kecamatan Songgon dan sekitarnya membuat pengendara harus berhati-hati. Pasalnya, jalan menjadi licin karena seluruh jalan tertutupi debu.”Iya seperti inilah mas dampaknya,”ungkap Nineng seorang pengendara motor.

Lebih lanjut Nineng berharap, kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa dan erupsi Gunung Raung segera berhenti.”Kami harus hati-hati mas, karena seperti ini kondisi jalan yang hampir seluruhnya tertutupi debu,” jelasnya.

Pantauan tim adakitanews.com, setelah erupsi Gunung Raung ratusan warga langsung dievakusi ke Lapangan Kalistail yang tidak terdampak letusan gunung Raung.(blot)

Keterangan Gambar : Situasi jalanan di Kecamatan Songgon Banyuwangi yang tertutup debu akibat erupsi Gunung Raung