f-Razia 2f-Razia 1

ADAKITANEWS, Nganjuk – Pemalsuan surat nikah ditemukan Polisi Sektor Kertosono bekerja sama dengan Koramil 0810/06 Kertosono serta pemerintah Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk ketika melakukan razia di rumah kost di Desa Tembarak Kecamatan Kertosono, Kamis(11/6). Selain itu, dokumen pendukung lainnya juga dipalsukan untuk menguatkan jika mereka pasangan suami istri yang sah.

Hal itu ditemukan saat petugas gabungan merazia rumah kost yang berada di Desa Tembarak Kecamatan Kertosono. Waktu itu, satu persatu tempat kost yang berada di wilayah ini diperiksa petugas. Di lokasi kost yang berada di gang 5 petugas mendapati satu pasangan yang berada di dalam kamar kost sedang berduaan. Sementara di lokasi kost lain, petugas tidak mendapati pasangan mesum.

Ketika petugas meminta kepada pasangan tersebut untuk menunjukkan kartu keluarga (KK) dan surat nikah, mereka memberikan beberapa lembar foto copy KK dan surat nikah. Awalnya, petugas mengira pasangan ini merupakan pasangan sah. Namun ketika diteliti lebih lanjut, terdapat kejanggalan dalam foto copy surat nikah dan KK tersebut.

“Di lembar foto copy surat nikah, catatan berupa alamat dan keterangan tanggal lahir ditulis dengan tangan biasa, sementara penulisan nama diketik di lembar foto copy kartu keluarga dan terlihat tidak asli serta hasil editan komputer,” ujar Waka Polsek Kertosono, AKP Yantono kepada sejumlah media.

Saat didesak, keduanya mengaku telah memanipulasi data pada kedua surat tersebut. Perihal ini dilakukan agar keduanya bisa melakukan kumpul kebo dengan aman.

Akhirnya keduanya langsung dibawa ke Mapolsek Kertosono untuk dimintai keterangan. Dari perbutannya yang telah berani memalsukan dokumen, keduanya bisa dijerat dengan pasal pemalsuan dokumen dengan ancaman kurungan penjara 7 tahun.

Waka Polsek Kertosono, AKP Yantono mengungkapkan, razia digelar karena banyak laporan tempat kost yang disalah gunakan sebagai lokasi kumpul kebo. Selain itu juga sebagai antisipasi jelang Puasa Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi. “Razia ini digelar untuk memberikan rasa nyaman bagi umat islam dalam menyambut Puasa Ramadhan,” kata AKP Yantono. (Jati/zay).

Keterangan Gambar : Petugas polisi dan gabungan saat melakukan razia di kost-kostan di Kertosono Nganjuk