ADAKITANEWS, Jombang – Hari Raya Idul Fitri merupakan hari besar umat Islam, dimana dalam pemaknaannya adalah kembali pada keadaan yang suci setelah menempuh ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Mungkin atas dasar itulah seluruh umat Islam di belahan dunia berlomba-lomba membenahi diri masing-masing, mulai dari pembenahan jiwa melalui segala macam ibadah kepada Tuhan hingga pembenahan raga melalui membersihkan badan dan pakaian baru yang dibeli untuk lebaran serta merapikan rambut agar terlihat rapi saat lebaran tiba.

Tak hanya pakaian, rambut juga menjadi faktor terpenting untuk diperhatikan, sebab rambut merupakan sebuah mahkota. Agar terlihat bersih dan rapi di hari yang fitri, banyak masyarakat khususnya umat Islam datang ke tempat potong rambut untuk merapikan tatanan rambutnya.

Hal tersebut terlihat di salah satu tempat potong rambut di jalan Pahlawan Kecamatan/Kabupaten Jombang. Puluhan masyarakat dari kota santri tersebut rela mengantre berjam-jam demi terlihat ganteng saat lebaran.

Pemuda asal Desa Denanyar Kecamatan/Kabupaten Jombang, Zulfikar, 22, mengaku rela mengantre 1 jam lebih demi mendapat giliran untuk dipotong rambutnya. “Saya sabar menunggu hingga 1 jam lebih demi bisa berpenampilan rapi saat lebaran nanti,” ungkapnya pada Tim Adakitanews.com, Jumat (23/06).

Sementara menurut penjelasan M Zainul Arifin selaku pemilik jasa potong rambut tersebut, ia bisa melayani jasa potong rambut hingga kurang lebih 100 orang. Hasil tersebut meningkat 50 persen pada saat menjelang lebaran dibanding hari-hari biasa.

“Alhamdulillah menjelang lebaran ini meningkat 50 persen ketimbang hari-hari biasanya yang hanya melayani 50 orang,” ungkap pria yang akrab disapa Cakil ini saat diwawancarai.(ar)

Keterangan gambar: Suasana antrean di salah satu lokasi potong rambut di Jombang.(foto:adi rosul)