Dewan Desak Eksekutif Segera Bentuk UPT Meteorologi

ADAKITANEWS, Blitar – Rencana pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Meteorologi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) tersebut salah satunya, yang mendapat sorotan dari Komisi II DPRD Kabupaten Blitar. Namun untuk sementara, sata bergeser ke InWakil rakyat tersebut, meminta agar pembentukan UPT yang khusus menangani tera ulang timbangan segera dibentuk.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Blitar, Mujib mengatakan, pihaknya mendorong agar pembentukan UPT meteorologi segera dilakukan secepatnya. Pasalnya, saat ini hampir semua daerah sudah memiliki UPT Meterologi. “Saat ini, masalah terra timbangan banyak yang sudah diserahkan ke masing-masing daerah. Artinya, setiap daerah (Kabupaten/Kota), sudah bisa menyelenggarakan terra ulang secara mandiri,: ungkapnya, Kamis (25/05).

Hanya saja, lanjut Mujib, memang untuk Kabupaten Blitar sampai saat ini masih belum siap untuk mengadakan terra timbangan secara mandiri alias masih bekerjasama dengan Pemkab Malang. Sebab, masih ada sarana dan prasarana yang belum dimiliki untuk menggelar terra timbangan. Untuk itu, pihaknya mendorong agar instansi terkait dalam hal ini Disperindag untuk segera membentuk UPT Meterologi agar bisa menggelar terra timbangan secara mandiri.
“Jika sarpras yang ada belum memadai, maka segera mengajukan anggaran untuk pengadaan agar UPT Meterologi bisa segera terbentuk. Kami siap membantu dan mendorong agar UPT tersebut bisa segera terbentuk,” jelasnya.

Mujib menuturkan, pihaknya sangat mendukung penuh atas terbentuknya UPT Meterologi, sebab dengan mengadakan terra timbangan secara mandiri maka akan berdampak pada pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jika UPT ini sudah terbentuk, pihaknya berharap agar instansi terkait segera melakukan sosialisasi dan penjadwalan terra timbangan, agar pedagang tahu dan mengikuti terra ulang. “Jika UPT Meterologi sudah terbentuk, Disperindag juga harus memperketat pengawasan dan memberikan tindakan tegas terhadap pedagang nakal yang tidak mau mengikuti terra ulang,” harapnya.

Sementara itu, Kepala bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar, Sri Astuti mengatakan, pembentukan UPT Meterologi sesuai dengan surat edaran dari Mendagri dan Menteri Perdagangan yang intinya pada tahun 2018 nanti, semua daerah (Kabupaten/ kota) harus bisa melakukan uji tera secara mandiri.

“Saat ini kami tengah merintis untuk pendirian UPT Meterologi agar di tahun 2018 nanti bisa segera melakukan uji tera secara mandiri,” ucapnya, Kamis (25/05).

Saat ini, tahapan atau proses pembentukan UPT yang sedang dilakukan yaitu pembelian alat alat meteorologi dan menyiapkan tenaga penera dimana saat ini sudah ada dua tenaga penera. Pihaknya sudah mendapat persetujuan dari Bupati dan DPRD Kabupaten Blitar untuk segera mendirikan UPT Meteorologi.

“Yang belum kami lakukan yakni menyiapkan tenaga penera. Untuk itu, kami berharap agar Pemkab Blitar bisa menggelar diklat dan pelatihan terkait terra ulang,” tambahnya.(blt2)

Keterangan gambar: Mujib, anggota Komisi II DPRD Kabupaten Blitar.(dok. Adakitanews.com)

Recommended For You