Dewan Minta Eksekutif Percepat Perbaikan Jembatan Putus

ADAKITANEWS, Blitar – Pasca melakukan kunjungan di beberapa lokasi di Kabupaten Blitar, salah satunya di Dusun Jambewangi Desa Tawangrejo Kecamatan Wonodadi untuk melihat kondisi jembatan yang putus, Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Andi Widodo mengaku sangat prihatin dengan kondisi tersebut.

Andi mengatakan, jembatan ini merupakan akses pendidikan dan juga ekonomi warga sekitar. Dan bisa jadi, ada jembatan putus di daerah lainnya yang kondisinya sama. Oleh karena itu Andi menegaskan, pihaknya akan berupaya memperbaiki jembatan ini secepatnya. Minimal pada waktu Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) nanti anggaran untuk perbaikan ini sudah dimasukkan. “Kita akan desak eksekutif untuk mempercepat perbaikan jembatan-jembatan yang putus. Agar aktifitas warga tidak terganggu,” katanya saat sidak lokasi jembatan putus, Rabu (12/04) siang.

Menurut Andi, warga sekitar tepatnya di Desa Kebonagung, jika ingin sekolah dan ke pasar harus memutar. Dimana untuk memutar membutuhkan jarak 6 kilometer yang seharusnya bisa 1 kilometer jika melewati jembatan ini. “Memang untuk sementara jembatan ini sudah diperbaiki warga dengan menyambungnya menggunakan bambu rakitan. Namun itu kita pandang juga masih berbahaya. Dan mereka yang tidak berani, harus memutar melewati Desa Tawangrejo yang jaraknya cukup jauh,” papar Andi, yang juga politisi PAN.

Untuk diketahui, sebelumnya pihak Dinas PUPR sudah menyatakan bahwa saat ini anggaran perbaikan jembatan difokuskan di 10 lokasi. Sedangkan untuk anggaran perbaikan jembatan yang tidak masuk dalam 10 lolasi tersebut, maka anggarannya akan dimasukkan pada PAK nanti.(blt2)

Keterangan gambar: Andi Widodo, Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Blitar saat melakukan sidak.(foto : fathan)

Recommended For You