width=

ADAKITANEWS, Kediri – Dalam rangka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Kediri tahun 2018, DPRD Kabupaten Kediri menyampaikan beberapa pokok-pokok pikiran. Diantaranya terkait pengembangan infrastruktur, pertanian, perdagangan, hingga pariwisata.

Acara yang dilaksanakan di Hall Convention Center (HCC) kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) pada Rabu (15/03) tersebut banyak membahas terkait prioritas pembangunan di tahun 2018 mendatang. Salah satunya yaitu masalah infrastruktur yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan perdagangan untuk masyarakat Kabupaten Kediri.

Dalam sambutan Ketua DPRD Kabupaten Kediri, H Sulkani yang diwakili oleh Wakil Ketua DPRD, Iskak Maulana disampaikan ketersediaan infrastruktur yang memadai dan berkualitas akan lebih mempercepat proses pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, terutama dapat menghubungkan sentra produksi dan perdagangan. “Yang paling penting adalah, diimbangi dengan kegiatan atau bukti nyata dan juga upaya pemeliharaan secara rutin serta berkala,” ujar Iskak.

Selain infrastruktur, DPRD juga menyampaikan pokok pikiran terkait peningkatan produktivitas pertanian dan juga pengembangan potensi daerah, pada sektor industri, perdagangan serta pariwisata dalam rangka kedaulatan pangan dan energi. “Masing-masing sektor tersebut secara nyata menjadi bagian penting dalam menopang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Kediri, yang seharusnya mendapatkan perhatian yang cukup dan akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi serta mengurangi angka pengangguran dan juga kemiskinan,” paparnya.

Tidak hanya itu, upaya peningkatan kualitas dan akses pelayanan dasar masyarakat juga harus didukung oleh efektifitas birokrasi pemerintah daerah. Pasalnya dari peningkatan kualitas sumberdaya manusia dengan sendirinya masyarakat akan semakin maju selain itu juga berdampak positif bagi pembangunan Kabupaten Kediri tahun 2018.(adv/dprdkabupatenkediri/kdr4)

Keterangan gambar : Rapat penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD pada Musrenbang RKPD Kabupaten Kediri tahun 2018.(ist)