ADAKITANEWS, Kota Kediri – Dekranasda Kota Kediri kembali akan menggelar acara Dhoho Street Fashion ke-3. Kegiatan yang rencananya bakal diselenggarakan di Taman Sekartaji Kota Kediri pada Kamis (14/12) pagi tersebut, akan menampilkan enam motif tenun khas Kota Kediri. Keenam motif akan dipamerkan tersebut, diantaranya motif Kuncup, Tirto Brantas, Kawung, Es lilin, Bunga, dan Air.

Ketua Dekranasda Kota Kediri, Fery Silviana Abu Bakar mengatakan, festival tenun ikat digelar agar kain tradisional asal Kota Kediri semakin dikenal masyarakat. “Kita ingin tenun ikat ini bisa digunakan dalam pakaian keseharian masyarakat. Dengan acara ini, kita perkenalkan (tenun khas Kota Kediri) kepada masyarakat, bahwa sebenarnya tenun ikat juga bisa digunakan secara santai, selain untuk acara-acara formal,” ujar wanita yang akrab disapa Bunda Fe ini saat press conference, Rabu (13/12).

Selain desainer dari IKAT Indonesia, acara Dhoho Street Fashion ke-3 ini juga menggandeng desainer lokal asli Kota Kediri. Yakni Luxe Caesar Boutique, Azzkasim Boutique, Zalma Boutique Kediri, Studio Craft Santi, hingga desainer pelajar asal SMKN 3 Kota Kediri.

“Dengan acara ini kami mengharapkan dapat bermunculan desainer muda dari warga Kota Kediri,” imbuh Bunda Fe, yang juga merupakan istri Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar.

Sementara itu Didiet Maulana, dari IKAT Indonesia, mengaku kagum dengan hasil tenun ikat asal Kota Kediri. Ia mengatakan bahwa hasil tenun ikat Kota Kediri berbeda dengan daerah lain. “Saya kaget ketika diminta untuk berpartisipasi dalam acara ini. Saya lihat tenun ikat disini sangat halus dengan kerapatannya, berbeda dengan daerah lain. Bahkan untuk motif, sangat menarik dan para penenunnya mayoritas didominasi anak muda,” ucapnya.

Didiet berharap, kolaborasi para desainer ini nantinya bisa menghasilkan tren fashion dari tenun ikat khas Kota Kediri. “Mudah-mudahan dengan fashion show ini kain tenun ikat Kota Kediri dapat semakin dikenal masyarakat luas, bahkan hingga internasional,” pungkas Didiet.(adv/hms/kur)

Keterangan gambar: Press Conference menjelang acara Dhoho Street Fashion ke-3 di Taman Sekartaji Kota Kediri.(ist)