Di Blitar, Masih Ada 40 ODGJ Terpasung

595

ADAKITANEWS, Blitar – Jumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dipasung di Kabupaten Blitar selama tahun 2016 lalu mencapai 100 orang. Dari angka tersebut, 40 diantaranya hingga kini masih dalam kondisi yang sama, yakni terpasung.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Romelan saat diwawancara, Jumat (03/03). Ia menjelaskan, dari 100 ODGJ yang dipasung, ada sekitar 60 ODGJ sudah dilepaskan. “Kami sudah berupaya semaksimal mungkin. Hasilnya memang sampai saat ini masih ada sekitar 40 ODGJ yang masih dipasung. Namun untuk 60 ODGJ yang sudah lepas pasung, sudah mendapat perawatan di rumah sakit jiwa,” kata Romelan.

Menurut Romelan, jumlah data tersebut diperkirakan masih bisa berubah karena tidak semua ODGJ yang dirawat di rumah sakit jiwa sembuh total. “Jumlah datanya bisa berubah sewaktu-waktu, karena banyak ODGJ yang kembali ke rumah sakit dan bahkan banyak juga yang kembali di pasung oleh pihak keluarga,” tegasnya.

Untuk saat ini, lanjut Romelan, pihaknya fokus pada penanganan 40 ODGJ yang dipasung untuk mendapatkan perawatan yang layak. “Kami masih tetap fokus pada penanganan ODGJ yang masih dipasung, khususnya 40 ODGJ yang sudah terdata,” ungkapnya.

Romelan mengaku, pengaruh keluarga sangat berperan penting dalam penyembuhan ODGJ. Pasalnya mereka yang memiliki kedekatan dengan pasien. “Ya otomatis pihak keluarga punya pengaruh besar dalam penyembuhan pasien ODGJ, namun memang ada keluarga yang peduli dan ada juga yang tidak,” imbuhnya.(blt2)

Keterangan gambar : Romelan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar.(foto : fathan)